Lihat ke Halaman Asli

Ondina Simbolon

Mahasiswa Tingkat Akhir Jurusan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro

Ayo Makan Ikan: Mahasiswa KKN Tim II UNDIP Hidupkan Kembali GEMARIKAN di Desa Puhgogor

Diperbarui: 14 Agustus 2023   23:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Desa Puhgogor, Bendosari, Sukoharjo (05/08/2023) – Mahasiswa KKN Tim II UNDIP 2023 hidupkan lagi GEMARIKAN “Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan“ kepada Ibu-Ibu PKK Desa Puhgogor. Upaya menghidupkan kembali GEMARIKAN, mahasiswa KKN Tim II UNDIP 2023 berkolaborasi dengan Pemerintah Desa Puhgogor.

GEMARIKAN (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) adalah program nasional dari pemerintah yang sudah dimulai sejak 2004 yang bertujuaan untuk mengkampanyekan pentingnya dan manfaat makan ikan. Kegiatan GEMARIKAN ini dilaksanakan secara terus menerus dan berkesinambungan setiap tahunnya.

Sosialisasi GEMARIKAN (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan)/Dokpri

Mahasiswa KKN Tim II  UNDIP 2023 menggandeng ibu-ibu PKK sebagai ujung tombak dari  program ini. Pemaparan materi diawali mengenai ikan dan keanekaragaman hayati laut Indonesia sebagai sumber protein yang bernilai ekonomis. Hal ini dilakukan untuk mengedukasi masyarakatkan terutama para ibu yang menjadi awal mulanya makan ikan di keluarga. Ikan merupakan sumber protein terbesar dibandingkan produk daging, susu, dan telur.

Namun, tingkat konsumsi masyarakat untuk makan ikan masih sangat rendah. Sehingga kegiatan sosialisasi dan menghidupkan GEMARI ini harus dilakukan secara berkesinambungan. Sehingga penting untuk diadakan kegiatan ini sebagai ‘reminder‘ untuk makan ikan. Dalam hal ini mahasiswa KKN Tim II UNDIP juga memberikan pembuatan produk ikan yaitu ikan lele. Ikan lele bisa dikonsumsi dalam bentuk lain namun gizinya sebagai ikan sumber protein tidak hilang.

Olahan nugget dari ikan lele ini bisa menjadi ide baru untuk masyarakat agar tetap mengkonsumsi ikan dalam bentuk lain dan menumbuhkan rasa kekreatifan para ibu untuk menciptakan olahan dari ikan yang sehat dan bernilai gizi tinggi. Kegiatan ini berlangsung dengan baik dan antusias dari masyarakat sangat positif.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline