Lihat ke Halaman Asli

onang pribadi

Karyawan Swasta

Menulis Salah Satu Obat Awet Muda

Diperbarui: 9 November 2023   06:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Input sumber ghttps://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQjrMGY36c-NBEGvLJeTDwTMWv4EEVm2e0e6A&usqp=CAUambar

Menulis Salah Satu Obat agar Awet Muda

Oleh: Onang Pribadi

"Manusia pada umumnya ingin terlihat awet muda. Salah satu cara agar awet muda adalah dengan menulis." (Atifah Saleha )

Istilah awet muda berasal dari kata dasar awet dan muda. Menurut KBBI, arti awet muda adalah selalu tampak muda meskipun usianya sudah tua. Lawan dari awet muda adalah menua.

Menua, sebenarnya adalah proses alamiah dalam kehidupan. Seiring bertambahnya usia, sel-sel tubuh pun akan menurun fungsinya sehingga berpengaruh kepada penampilan fisik dan kemampuan berpikir.

Sejatinya setiap manusia pasti akan mengalami penuaan. Tak seorang pun dapat menahan prosesnya. Laju penuaan pada setiap orang berbeda-beda, tergantung bagaimana ia menjalani pola hidup dan bersikap terhadap kehidupan.

Semakin sehat pola hidupnya dan bersikap positif terhadap kehidupan, dapat memperlambat lajunya. Sebaliknya, seseorang yang menerapkan pola hidup tidak teratur, sering mengeluh dan kurang bersyukur, maka akan mempercepat laju penuaan.

Agar senantiasa terlihat awet muda, beragam cara dilakukan oleh manusia. Mulai dari perawatan fisik, seperti penggunaan skincare 'antiaging', mengonsumsi makanan tertentu, menerapkan pola gizi seimbang. Mereka juga melakukan aktivitas yang dapat mempertahankan kemampuan berfikir, yaitu membaca dan menulis.

Menulis dan membaca dapat menjadi salah satu obat awet muda. Ada beberapa alasan yang mendasari pendapat tersebut.

1. Membaca dan menulis efektif untuk melatih dan menstimulus sel-sel saraf otak

Aktivitas menulis dapat mempengaruhi proses berpikir manusia, sehingga dapat merangsang aktivitas sel-sel saraf otak untuk mengalirkan impuls. Sel-sel saraf otak yang aktif akan mempertahankan sinaps (hubungan antara sel saraf). Selanjutnya akan memperlancar proses penyampaian stimulus (rangsangan) dan respon yang dihasilkan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline