Lihat ke Halaman Asli

Berburu Makanan Khas Makassar di Festival Kuliner Bekasi 2017

Diperbarui: 14 Oktober 2017   13:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Festival Kuliner Bekasi 2017 (FKB2017)

Rasa penasaran akan Festival Kuliner Bekasi 2017 (FKB2017) yang diadakan di Summarecon Mall Bekasi dari tanggal 20 September -- 15 Oktober 2017 mendatang. FKB2017 kali ini bertemakan "Nganreki Sanggenna Bassoro..!!" yang berarti "yuk makan sampai kenyang..!!". Saya Harus bela-belain dari Jakarta ke Bekasi untuk wisata kuliner nusantara ini.

Area seluas 9500m2 dipenuhi oleh 48 booth makanan diantaranya coto Makassar, mie kering, sop konro karebosi, nasi goring merah, mie titi, ayam pedas Bali made, ketupas glory dan puluhan booth lainnya. Sementara untuk menu cemilan tersedia 33 gerobak yaitu es teller panaikang, pisang ku riang, otak-otak papoy dan masih banyak lagi.

Dikesempatan kali ini saya mencoba Coto Makassar atau Coto Mangkasara yaitu makanan terbuat dari jeroan (isi perut sapi) yang direbus dalam waktu lama, di iris-iris lalu di bumbui dengan racikan khusus. Coto Makassar ini dihidangkan dalam mangkuk dan dimakan dengan ketupat, dikarena ketupat tidak ada bisa digantikan dengan nasi. kata mbak nya ada yang unik lagi dengan coto Makssar ini loh, air yang buat masak itu bekas cucian beras, hahh...!!! terkejut ya? sama hehehe, kalau menurut saya justru disinilah yang bikin menarik dan unik. Ada rasa nikmat dan gurih dari coto Makassar ini sebab bumbu terdiri dari rempah rempah khas Indonesia dan kacang tanah yang di sangrai kemudian di haluskan dan dimasukan menyatu dengan bumbu lainya sehingga terciptalah kuah coto yang nikmat.

coto Makassar

Perut masih kuat untuk lanjut makan, nah menu kedua nya yaitu itu Sop Konro Karebosi, mungkin beberapa orang mendengar nama sop konro sangatlah asing, karena masakan ini populernya di Makassar. Untuk mencicipi kuliner satu ini, kita harus berkunjung ke Makassar terlebih dahulu, "eettt ngapain jauh-jauh kan di FKB2017 juga ada".

Bahan utama dari sop ini adalah iga sapi atau daging sapi. Sop Konro ini biasanya tidak dimakan dengan nasi namun lebih sering ketupat "lagi-lagi di FKB2017 ini tidak ada ketupat jadi pakai nasi lagi". Warna kuahnya hitam itu berasal dari buah kluwek dan beberapa rempah-rempah asli Indonesia. Diliat dari bentuknya sudah mantap bangeet "ayyyoo maakkaaann..!!!".

Sop Konro Karebosi

Di Festival Kuliner Bekasi 2017 bukan hanya tersedia makanan khas nusantara ada juga Festival Kopi Nusantara sebanyak 10 tenda kopi diantaranya kopi Es Tak Kie, Kedai Titirah, Kopi Melo, Kopi D' Mari, BSP Coffee, Papous Coffee, On Coffee, Semeru Sirup X Koffie Molen, Saturdays Coffee Roaster dan Brightness Coffee yang membawa ragam kopi nusantara.

Festival Kopi Nusantara

Yukk buruan ke Festival Kuliner Bekasi 2017, sampai tanggal 15 Oktober 2017 ini loh, jangan sampai ketinggalan ya.

Festival Kuliner Bekasi 2017 (FKB2017)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline