Lihat ke Halaman Asli

Cara Memperoleh Hidup Bahagia Dunia dan Akhirat

Diperbarui: 30 September 2024   04:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Tentunya kita selaku manusia menginginkan hidup bahagia dan menikmati kebahagiaan  tersebut selamanya. Dimana bahagia merupakan suatu keadaan atau perasaan senang dan tenteram serta bebas dari segala hal yang menyusahkan diri kita.

Tentunya bagi orang beriman bahwa kunci kebahagiaan adalah hati yang bersih (qalbun saliim). Saat kondisi  hati kita bersih (suci), jiwa kita akan terbebas dari segala hal yang menyusahkan, menyedihkan, dan membuat kita menderita. Alam kondisi ini maka  rasa marah, tegang, kesal, dengki, ria, hasud, bakhil, bangga diri, dan sombong akan berkurang, sedangkan emosi yang positif, seperti kasih sayang, kecintaan, dan kedamaian, akan tumbuh dan meningkat.

Ada beberapa cara yang dilakukan untuk memperoleh kebahagiaan di dunia dan di akhirat yaitu: mencari rezeki  halal, selalu bersikap qanaah, selalu bersikap ikhlash dan menerima dengan lapang dada, selalu ingat kepada Allah swt dan menguatkan taqwa kepada Nya, selalu Bersabar dalam kehidupan ini, selalu bersyukur kepada Allah swt, dam selalu berdzikir dan mengingat semua dosa dan kesalahan kita.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline