Lihat ke Halaman Asli

Hanya Allah SWT yang Berhak Sombong

Diperbarui: 19 September 2024   00:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

( Sumber dari dokumen publikasi Gigit Sunnah.com )

Kita harus menyadari bahwa manusia diciptakan Allah swt dari setetes air yang hina yang disebut air mani. Sehingga kita pantas untuk menyombongkan diri diatas dunia ini karena sangat rendah kemampuan diri ini termasuk ilmu yang dimiliki hanya sedikit saja dibandingkan dengan ilmu Nya atas diri manusia. 

Sebagaimana digambarkan oleh Allah swt dalam Al Qur'an pada Surat Luqman ayat 18 yang artinya:" Janganlah memalingkan wajahmu dari manusia (karena sombong) dan janganlah berjalan di bumi ini dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong lagi sangat membanggakan diri." 

Dari penjelasan  ayat tersebut menjelaskan kepada kita tentang wasiat Lukman kepada anaknya dimana  anaknya agar berbudi pekerti  baik, dengan sikap yang bijaksana yaitu Jangan sekali kali bersifat angkuh dan sombong, membanggakan diri dan memandang rendah orang lain. Dimana digambatkan bahwa tanda-tanda seseorang yang bersifat angkuh dan sombong itu adalah  bila berjalan dan bertemu dengan orang lain, ia memalingkan mukanya, tidak mau menegur atau memperlihatkan sikap ramah. dan selalu berjalan dengan sikap angkuh dimana dia merasa seakan akan sangat berkuasa dan paling terhormat di muka bumi ini. 

Kita telah melihat bagaimana Fir'aun yang sangat sombong merasa dirinya berkuasa dan menyatakan sebagai Tuhan ternyata tenggelam di laut merah bersama bala tentaranya dan tidak dapat berbuat apa apa. Mana kesombongan Fir'aun tersebut dihadapan Allah swt dan ini harus menjadi contoh yang baik bagi diri kita.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline