Lihat ke Halaman Asli

Nilai filosof Surat Al Baqoroh Ayat 10

Diperbarui: 15 September 2024   02:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

( Sumber dari dokumen publikasi Reza Ervani.com )

Kita mengetahui susunan kedua dari Al Qyr'an adalah Surat Al Baqoroh dengan jumlah 286 ayat. Al Baqoroh mempunyai pengettian sapi betina. Salah satu ayat dari 

Surat Al Baqoroh yaitu ayat 10 Allah swt berfirman yang artinya: "Dalam hati mereka ada penyakit, lalu ditambah Allah penyakitnya; dan bagi mereka siksa yang pedih, disebabkan mereka berdusta."

Maksud dan makna folosof dari ayat 10 ini adalah seseorang yang memiliki penyakit dalam hati mereka. Penyakit ini tidak hanya bersifat fisik, tetapi lebih pada penyakit hati yang dapat mencakup kebohongan, kedustaan, kecemburuan, atau sifat-sifat negatif lainnya. Allah swt  menggambarkan bahwa penyakit dalam hati ini ditambahkan oleh Nya sebagai konsekuensi dari perilaku dan perbuatan buruk yang dilakukan oleh individu tersebut.

Dengan demikian kita selaku orang beriman harus dapat menjauhi penyakit hati dimana dapat merusak dan menghancurkan diri kita sendiri. Salah satu usaha yang harus dilakukan adalah melaksanakan ibadah shalat dan senantiasa berzikir mengingat Mya agar hati tenang dan damai. Tentunya penyakit hati akan hilang dari kita karena keimanannya kepada Allah swt.

Semoga Allah swt senantiasa memberikan petunjuk kepada kita dalam kehidupan di dunia dan dijauhkan dari sifat orang kafir dan orang munafik. Ya Allah berikanlah kelapangan dada dan hati kami dan jauhkan dari sifat orang munafik yang merusak iman dan islam kami ini.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline