Lihat ke Halaman Asli

Faktor yang Mempengaruhi Kreatifitas Siswa

Diperbarui: 11 Agustus 2024   02:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

( Sumber dari dokumen publikasi Kajian Pustaka.com )

Dalam menghadapi persoalan yang timbul dalam belajar siswa khususnya kreatifitas mereka, tentunya seorang guru harus mengetahui beberapa faktor yang mempengaruhinya. Sehingga guru harus berkaca kepada dirinya apakah menjadi guru kreatif barulah dapat membentuk siswa kreatif. Dengan demikian guru kreatif dapat membuat proses belajar efektif dan menyenangkan dengan menggunakan metode bervariasi dengan menggunakan teknologi dan media  pembelajaran. Disamping guru kreatif dapat menyelesaikan persoalan pembelajaran.

Hasil yang diperoleh dari hal ini adalah mendapatkan siswa kreatif dengan timbul rasa ingin tahu, berusaha menyelesaikan masalah, mandiri, senang dalam belajar dan mengembangkan potensi yang mereka miliki. Faktor faktor yang mempengaruhi kreatvitas siswa adalah: faktor internal dari diri siswa, faktor keluarga yang menunjang siswa, faktor teman yang sebaya , lingkungan belajar yang menyenangkan , kurikulum yang fleksibel seperti kurikulum merdeka, dan strategi guru kreatif dengan penampilan dan variasi metode belajar.

Seorang guru kreatif harus dapat membuat pemetaan kebutuhan, sehingga siswa senang dengan proses belajar yang dihadapi mereka. Pemetaan kebutuhan tersebut seperti kesiapan belajar dari diri siswa, mengetahui minat belajar siswa, dan mengetahui profil belajar dengan baik. Tentu hasil yang diperoleh adalah memperoleh siswa kreatif dengan menemukan minat belajar siswa yang berbeda beda.Tinggal bagaimana seorang kreatif dapat memotivasi siswa secara mudah dan akan timbul cara penyelesaian persoalan yang timbul diantara mereka sendiri.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline