Lihat ke Halaman Asli

Tiada Kata Terlambat dalam Belajar Al Qur'an

Diperbarui: 3 Agustus 2024   02:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

( Sumber dari dokumen publikasi Belajar Al Qur'an.com ) 

Al Qur'an merupakan kitab suci bagi umat Islam, oleh karena itu umat Islam wajib mempelajarinya dengan sebaik baiknya. Karena Al Qur'an merupakan petunjuk,   pedoman, dan rahmat bagi kehidupan mereka sepanjang masa. Hal ini dijelaskan dalam firman Allah swt pada Surat Al A'raf ayat 203 yang artinya: 

"Sesungguhnya aku hanya mengikuti apa yang diwahyukan dari Tuhan kepadaku. Al-Qur'an ini adalah bukti-bukti yang nyata dari Tuhanmu, petunjuk dan rahmat untuk orang-orang beriman. "  

Untuk itu umat Islam wajib belajar membaca Al Qur'an sejak kecil. Dan bagi mereka yang belajar maka tidak ada kata terlambat untuk belajar walaupun terbata bata karena sudah tua dan banyak lupa. 

Dengan kita bisa membaca Al Qur'an maja kita menghiasi rumah dengan suara indah bacaan Al Qur'an dan Malaikat Rahmat akan senang mendatangi rumah tersebut. Lambat Allah swt bagi rumah yang tidak pernah terdengar bacaan dan lantunan suara Al Qur'an laksana kuburan.

Dan bagi umat Islam yang mampu membaca Al Qur'an maka wajib baginya untuk mengajarkan mereka yang belum bisa membaca Al Qur'an. Sesuai  hadits Rasulullah yang diriwayatkan Omam Bukhori dan Muslim, Rasulullah saw bersabda: Sebaik baik diantara kamu adalah orang yang belajar Al Qur'an dan mengamalkannya ( mengajarkan orang lain ).

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline