Lihat ke Halaman Asli

Ompung Godang

Penulis dan Pemerhati Masalah Sosial dan Pendidikan

Kisah Al Qomah dan Nasehat Bagi Suami yang Membiarkan Ibunya

Diperbarui: 12 Oktober 2024   02:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

( Sumber dari dokumen publikasi Gen Muslim.Id.com )

Kisah salah seorang sahabat Rasulullah saw yang sangat taat kepada Allah swt. Dia adalah Al Qomah dimana tidak pernah lalaikan shalat baik fadhu ataupun sunnah. Amalan puasa dan sedekah tak pernah terlewat. Namun, di penghujung hayat ia susah mengucap syahadat. Seluruh sahabatnya merasa iba karena sangat berat sekali saat menghadapi kematiannya dan membuat mereka melaporkan kepada Rasulullah saw. Atas saran Rasululullah saw maka mereka menemui ibunya yang tua renta.

Pada awalnya ibunya tidak mau memaafkan kesalahan Al Qomah karena telah menyakiti hatinya. Akhirnya Rasulullah saw memerintahkan mereka menyiapka kayu bakar untuk membakarnya dihadapan ibunya. Ternyata hati ibunya luluh dan memaafkan Al Qomah dan akhirnya dia dapar mengucapkan kalimat Laa ilaaha illallaahu muhammadar rasuululullah dengan fasih. Dan Rasulullah saw menyatakan Al Qomah min ahlil jannah dan mendapatkan keridoan Allah swt.

Nasehat yang dapat diambil adalah jangan sekali kali membuat ibu sakit hati dan melalaikannya begitu saja karena ibj merupakan surga  seorang suami. Kita harus membahagiakan ibu kita bersama istri tercinta dan tidak boleh mengutamakan istri. Sabda Rasulullah saw: " Surga terletak di telapak jaki ibu". Dan ingatlah surga seorang suami terlerak pada ibunta, sementara surga bagi seorang ustri terletak pada suaminya. Marilah kita sayangi ibu selama dia madih hidup terlebih bapak sudag meninggal dunia dan jangamlah engksu menjadi ansk durhaka kepada ibu mu.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline