Lihat ke Halaman Asli

Ompung Godang

Penulis dan Pemerhati Masalah Sosial dan Pendidikan

Saling Menghormati Satu Sama Lain

Diperbarui: 31 Agustus 2024   02:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

( Sumber dari dokumen publikasi Sonora.id.com ) 

Berada dalam lingkungan yang ssrba heterogen tentunya harus saling menghormati satu lain agar tidak terjadi pertikaian. Kita harus menghormati perbedaan yang lain dan tetap mengutamakan semangat persatuan diantara satu sama lain. Kita tetap menghargai perbedaan itu karena itulah dinamika kehidupzn dalam lingkungan nasyarakat yang serba heterogen dan tentunya menghormati hak setiap orang menuju persatuan dalam lingkungan masyarakat baik di pedesaan maupun di perkotaan. Kita jadikan perbedaan sstiap individu namun tetap menghormati semsngat persatuan diantara masyarakat.

Kita hormati perbedaan dan pendapstborang lsin dan tidak bersikap egoistis dan selalu berusaha untuk bersatu dalam kelompok nasyarakat yang ssrba heterogen. Lihat saja keberssmaan dan kekompakan kelompok masyarakat yang serba heterogen karena selalu mengedepankan persahabatan yang bahagia dan dinamis.  Tentunya setiap individu mempunyai hak yang sama walaupun berasal dari kelompok masyarakat yang heterogen. Indahnya kebersamaan kelompok masyarakat karena adanya keterbukaan dan kekompakan yang abadi. Marilah kita bentuk kelompok masyarakat yang saling menghormati satu sama lain.

Dengan demikian pergaulan yang seperti ini akan memperoleh nilai sosial yang tinggi tanpa ada kebohongan dan perpecagan yang sangat besar. Kita jadikan diri kita sangat bermanfaat bagi orang lain tanpa ada unsur keterpaksaan. Kita selalu menghargai pendapat orang lain karena mungkin itu merupakan bentuk sikap orang yang bijaksana dan ramah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline