Lihat ke Halaman Asli

Ompung Godang

Penulis dan Pemerhati Masalah Sosial dan Pendidikan

Sucikanlah Dirimu Agar Terbentuk Pribadi yang Ikhlas

Diperbarui: 10 Agustus 2024   02:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

( Sumber dari dokumen publikasi Al Rasikh.com ) 

Dalam kehidupan dunia fana ini tentunya penuh dengan dinamika dan cobaan yang harus kita hadapi dengan sabar dan ikhlas. Tentunya kita harus membentuk suatu pribadj yang ikhlas dengan landasan dari sucinya diri kita. Dengan mensucikan diri maka kita akan berbuat yang baik dan bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga dan orang lain. Dengan demikian apa yang kita lakukan berlandaskan amal ma'ruf dengan tujuan terbentuknya pribadi yang ikhlas. Sikap dan kepribadian seperti ini sangat disukai orang lain karena sangat bermanfaat bagi mereka.

Untuk dapat mensucikan diri perlu dengan niat ikhlas dengan mengerjaksn amar ma'ruf dan nahi munkar setiap kita bertindak. Suasana hati yang ikhlas tentunya akan terhindar dari perbuatan sia sia dan sangat disukai orang lain karena sangat bermanfaat. 

Kita harus berlomba lomba melakukan amar ma'ruf seperti shalat, saum, zakat, haji, menolong orang lain, memberikan informasi terbaik untuk orang lain, memberikan pendudikan terbaik, dan lain lain. Apapun yang kita lakukan sangat bermanfaat bagi orang lain dan tentunya mereka akan mendukung amar ma'ruf dikalangan masyarakat banyak.

Marilah kita melakukan kegiatan amar ma'ruf di kalangan masyarakat tanpa pamrih agar terwujud jiwa sosial dikalangan masyarakat. Kita sucikan diri ini agar apa yang lakukan selalu merupakan perbuatan baik dan bermanfaat. Inilah yang akan mendorong kita dapat membentuk pribadi yang ikhlas dan mengembangkan slogan Fastabiqul Khairat dikalangan  masyarakat baik sesama agama islam dan diluar agama islam.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline