Lihat ke Halaman Asli

Ompung Godang

Penulis dan Pemerhati Masalah Sosial dan Pendidikan

Indahnya Kebersamaan dalam Kehidupan

Diperbarui: 3 Agustus 2024   02:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

( Sumber dari dokumen publikasi pribadi literasi sekolah.com ) 

Kita tidak akan terlepas dengan hubungan sosial dalam lingkungan masyarakat. Apalagi dalam hal kebaikan seperti gotong royong, menolong orang yang terkena musibah, membantu anak yatim dan fakir miskin, dan lain lain. 

Dengan demikian interaksi sosial dalam lingkungan masyarakat akan terbentuk dengan baik. Jadikan kebersamaan dalam kegiatan sosial kemasyarakatan sangat diperlukan dan terasa indah saat itu sudah terjadi. Tak kan ada satu orangpun yang dapat terlepas dari interaksi sosial khususnya di sekitar rumah kita.

Lihat saja bagaimana para pejuang kemerdekaan bersama sama beroerang untuk memperoleh rahmat kemerdekaan dari Allah swt. Dan saar inipun kita harus bersama sama mempertahankan kemerdekaan yang dioeroleh dari perjyangan mereka dengan mengisinya secara baik. 

Kita berusaha membangun negara Indonesia baik secara fisik maupun mental bangsa agar tidak terpecah belah. Tanpa ada kebersamaan rasa persatuan dan kesatuan tidak akan terwujud dan ini merupakan kemunduran miral bangsa Indonesia.

Dengan kebersamaan masalah gotong royong dapat diselesaikan dengan baik, masalah perbaikan jalan dapat dilaksanakan dengan baik, masalah penanganan kejahatan dapat diselesaikan dengan baik, masalah penuntasan kemiskinan dapat diselesaikan dengsn baik, masalah pembangunan masjid dapat diselesaikan dengan baik, dan lain lain.

Betapa indahnya kebersamaan dalam kehidupan ini bila kita amalkan secara benar dan penuh dengan keikhkasan. Tidak ada kata sulit bila kita sekesaikan secara bersama sama dengan satu ikatan persaudaraan yang ikhlas.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline