Lihat ke Halaman Asli

Ompung Godang

Penulis dan Pemerhati Masalah Sosial dan Pendidikan

Hadapi Semua Cobaan Hidup dengan Sabar

Diperbarui: 2 Agustus 2024   02:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

( Sumber dari dokumen publikasi twibbonize foto pribadi.com ) 

Sebagaimana kita ketahui bahwa sabar merupakan  salah satu sifat terpuji. Tentunya makna daru sabar secara terminologis berarti menahan jiwa, lisan, dan lain sebagainya dari segala sesuatu yang sifatnya merugikan atau buruk. Namun pada kenyataannya sabar mudah diucapkan namun sangat sulit untuk diamalkan dalam kehidupan sehari hari. Khususnya sabar dalam menghadapi persoalan hidup atay cobaan hidup yang terjadi pada diri kita. Apalagi cobaan hidup itu sangat berat maka putus asa adalah jalan terakhir yang diambil dan dapat berakibat fatal berupa stress dan bunuh diri yang sangat merugikan diri kita sendiri.

Sebagai orang yang beriman tentunya harus dapat melakukan sifat sabar ini dalam menghadapi semua cobaan hidup yang terjadi pada diri kita dengan ikhlas. Insya Allah kita akan memperoleh jalan keluar dari persoalan atau cobaan hidup yang terjadi dengan baik. Sesuai dengan firman Allah swt dalam Surat Al Baqoroh ayat 153 yang artinya: " Wahai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan salat. Sungguh, Allah beserta orang-orang yang sabar."

Pada intinya Allah swt memberikan cobaan hidup kepada kita tentunya mempunyai makna tersendiri, tinggal bagaimana kita menyikapinya dan menghadapinya dengan sabar dan ikhlas maka kita bermohon kepada Nya agar diberikan jalan keluar. Insya Allah akan kita peroleh jalan keluar dari persoalan atau cobaan hidup yang kita hadapi dengan baik.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline