Lihat ke Halaman Asli

Ompung Godang

Penulis dan Pemerhati Masalah Sosial dan Pendidikan

Pengaruh Sir Isaac Newton terhadap Kemajuan Ilmu Pengetahuan

Diperbarui: 5 Juli 2024   02:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

( Sumber dari dokumen Bayerischer Rundfunk.com ) 

Dalam buku yang berjudul 100 tokoh paling berpengaruh dalam sejarah karya Michael H.Hart, menempatkan posisi Sir Isaac Newton sebagai nomor 2 setelah Muhammad SAW pada posisi 1. Hal ini disampaikan oleh Michael H.Hart karena dia adalah ilmuwan terbesar dan terhebat sehingga sangat berpengaruh bagi perkembangan ilmu pengetahuan sampai saat ini. Dia mendombrak pemikiriran lama menjadi pemikiran maju dan modern dan mengubah dunia dengan kemajuan tenologi dan sain secara global baik sain murni maupun sain terapan. Sehingga hal ini membuka mata para ilmuwan lain ini bergerak maju.

Salah satu teori dan rumus yang disampaikan yaitu : F= m.a mengenai gaya tarik menarik dua benda dipengaruhi oleh massa kedua benda dengan percepatan yang dilakukan. Semakin besar massa dan percepatan yang dilakukan maka gaya tarik menaril dua benda akan semakin besar, begitu pula sebaliknya semakin kecil massa dan percepatan yang dilakukan maka gaya tarik menariknya akan semakin kecil.

Dilengkapi dengan teori dan rumus lain seperti Fg= u.N , w= m.g, s= p.g. Dimana teori dan rumus ini saling berkaitan dan saling mendukung sama lain. Dan ini juga dapat dikaitksn lagi dengan teori dan rumus d= v.t , v= a.t, dan w= m.g.h. Memang pemikiran Sir Isaac Newton telah merubah pola berpikir ilmuwan menjadi lebih maju di era teknologi modern saat ini.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline