Lihat ke Halaman Asli

Haryadi Yansyah

TERVERIFIKASI

Penulis

Jalan-jalan Keliling Dunia Lewat Film

Diperbarui: 6 Agustus 2023   07:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hyde Park di London yang pernah jadi beberapa tempat syuting film salah satunya Hyde Park on Hudson (2012). Dokpri.

Dulu, ketika internet belum ada, saya kenal dunia luar itu dari bacaan dan tontonan. Dari majalah, komik, novel dan juga film. Sekarang sih iya emang lebih mudah untuk jalan-jalan virtual. Bisa pakai peta online atau liat tayangan di youtube. Tapi, saya pribadi masih meyakini pengalaman jalan-jalan yang terbaik (selain melakukan pelesiran tentu saja) masih didapatkan lewat bacaan dan tontonan.

Fujiko F.Fujio dan Aoyama Gosho bikin saya tergila-gila sama Jepang. Ada banyak desinasi dan ragam budaya yang ditampilkan lewa komik dan tentu saja filmnya.

Saya yang lahir di keluarga yang demen jalan-jalan lebih sering tergoda lagi mendatangi satu tempat yang sebelumnya hanya dapat saya lihat lewat buku atau film. Nah, khusus di tulisan ini, saya ingin membagikan beberapa pengalaman saya berhasil mendatangi destinasi impian yang mana sebelumnya saya "diracuni" terlebih dahulu lewat film. Tempat-tempat yang bikin saya ngidam dan ingin menjelajahi!

Ke mana saja? Ini beberapa di antaranya.

BELITONG

Pertengahan tahun 90-an, tante saya pindah ke Belitong mengikuti suaminya yang dipindahtugaskan ke sana. Dari para sepupu, saya sering diceritakan tentang betapa indahnya pulau itu. Ketika film Laskar Pelangi (2008) tayang, keinginan saya untuk main ke sana semakin membuncah.

Jepretan sepupu saya saat melihat syuting Laskar Pelangi dulu.

Makanya, ketika kesempatan itu datang 5 tahun kemudian, saya tidak menyia-nyiakannya dengan melakukan tapak tilas ke berbagai lokasi syuting film Laskar Pelangi. Dari set sekolah SD Muhammadiyah, pasar pagi Gantung, Pantai Tanjung Tinggi hingga ke Pulau Lengkuas.

Laskar Pelangi adalah salah satu contoh bagaimana sebuah film meninggalkan dampak positif yang sedemikian besar terhadap aspek wisata. Tahun lalu saja, 301.906 wisatawan domestik dan mancanegara turut mendatangi pulau penghasil timah ini.

Peninggalan set film yang kini jadi objek wisata. Sumber omnduut.com

Lalu, apakah kalian tahu jika film The Philosophers atau After The Dark (2013) yang dibintangi oleh James D'Arcy (Cloud Atlas, Dunkirt), Bonnie Wright (Harry Potter Series) dan Cinta Laura Keihl pun menjadikan Pulau Belitong sebagai salah satu lokasi syutingnya?

INDIA

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline