Lihat ke Halaman Asli

om_nanks

TERVERIFIKASI

nikmati yang tersaji jangan pelit berbagi

Benefit Cost Rumah Kos

Diperbarui: 2 Mei 2023   14:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Yusi Lawati (40), pemilik kontrakan, menyapu rumahnya yang dijadikan kontrakan/kos-kosan untuk mahasiswi yang sudah lama kosong di Gang Karyabakti, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (11/3/2021).| Tribun Jabar/Gani Kurniawan

Properti tetap dibutuhkan manusia sebagai hunian tempat berteduh di kala hujan dan terik sinar mentari serta tempat berlindung yang relatif aman. 

Meski jauh dari kampung halaman dan belum mampu membeli hunian tempat tinggal, kontrak atau ngekost sebagai alternatifnya.

Peluang usaha merupakan salah satu jawaban akan kebutuhan konsumen, maka gayung pun bersambut. 

Pelaku usaha rumah kos atau seringkali disingkat dengan rukos berusaha membantu memberikan solusi bagi para perantau untuk mendapatkan tempat tinggal yang layak. 

Sedangkan perantau membutuhkan tempat tinggal sementara sesuai dengan budget dan tujuan tinggal sementaranya. Solusinya adalah kos-kosan.

ilustrasi rumah kos (source: pinhome.id)

Berikut sedikit tips dalam menghitung benefit cost khususnya usaha rumah kos-kosan, kami tunggu saran, tambahan dan masukan Anda para pembaca serta silahkan sampaikan di kolom komentar, terima kasih. 

1. Pemilihan Lokasi

Hal yang paling utama, mendasar, dan harus benar-benar diperhatikan untuk pertama kalinya apabila tertarik dengan usaha rukos, terlebih lagi jika anda newbie dalam bidang ini, adalah pemilihan lokasi yang bakal dijadikan usaha rumah kos.

Setelah memilih lokasi yang dianggap tepat maka akan timbul pangsa pasar yang akan disasar dan seterusnya hingga rumah kos siap dihuni oleh mereka yang membutuhkan tempat tinggal sementara.

Ambil contoh, jika peruntukannya untuk hunian sementara bagi para mahasiswa, dosen atau petugas administrasi kampus, maka memilih lokasi yang tidak terlalu jauh dari komplek sebuah perguruan tinggi atau kampus merupakan sebuah keputusan yang tepat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline