Lihat ke Halaman Asli

om_nanks

TERVERIFIKASI

nikmati yang tersaji jangan pelit berbagi

Memahami Pengeluaran

Diperbarui: 9 Januari 2023   12:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ilustrasi/memahami pengeluaran (sumber: dok. pribadi)

Memahami Pengeluaran

Pada kesempatan yang akan datang in syaa Allah akan penulis release artikel tentang berbagai jenis sumber pendapatan, namun tidak kalah seru kali ini terlebih dahulu akan bercerita tentang bagaimana memahami jenis pengeluaran. 

Jenis-jenis Pengeluaran

Tentang bagaimana seseorang mempunyai kebijakan keuangan sehingga memutuskan jenis pengeluaran tertentu yang dipilih, atas pertimbangan dan skala prioritas yang seperti apa mereka melakukannya, mari belajar bersama.

Demi mempertahankan kehidupan manusia tidak terlepas dari yang namanya kebutuhan, keinginan dan investasi untuk masa depan, ketiganya merupakan pengeluaran yang membutuhkan sumber dana. Besaran sumber dananya relatif dan disesuaikan dengan kapasitas masing-masing pribadi yang melakoni.

Dua sisi yang bertolak belakang antara pendapatan dan pengeluaran. Yang satu uang masuk dalam bentuk penghasilan atau pendapatan sedangkan sisi sebaliknya uang keluar yaitu bagaimana mengelola uang keluar atau pengeluaran untuk memenuhi kebutuhan/keberlangsungan kehidupan dengan bijak.

Seberapa besar penghasilan didapat dan dengan cara yang bagaimana untuk mendapatkannya, halal atau haramkah sumbernya diperlukan suatu cara sehinga penghasilan benar-benar "mumpuni" sesuai syariat sehingga penghematan pengeluaran dapat menyesuaikan.

Karena seberapapun besar pendapatan jika pengeluaran jauh lebih besar dari penghasilannya maka yang akan terjadi bukannya surplus keuangan malah sebaliknya menjadi defisit keuangan. Sebab besar pasak daripada tiyang, sangat berbahaya bagi keberlangsungan kehidupan seseorang atau keluarga.

Sebagian besar sahabat telah mengerti dan memahami tentang skala prioritas pengeluaran, namun seringkali akan dihadapkan kepada fakta yang memaksa sahabat untuk menentukan pilihan yang sebetulnya akan justru menambah pengeluaran keuangan sahabat menjadi lebih besar lagi, tetapi langkah tersebut harus diambil.

Sebagai contoh, pengeluaran tak terduga untuk biaya kesehatan yang disebabkan salah satu anggota keluarga harus menjalani perawatan rumah sakit, mau tidak mau, suka tidak suka sebagai bagian dari anggota keluarga setidaknya turut meringankan beban biaya anggota keluarga yang tidak mampu dengan mengalokasikan dana untuk pengeluaran biaya rumah sakit.

Dirangkum dari beberapa sumber untuk kemudian dituliskan kembali tentang pemahaman berbagai jenis pengeluaran sebagai tambahan pertimbangan untuk mengambil keputusan yang agak sulit dan di saat yang kurang menguntungkan.

Jenis Pengeluaran Sesuai Skala Prioritasnya

Primer, 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline