Lihat ke Halaman Asli

Omjay Labschool

guru blogger indonesia

Menikmati Games Buatan Siswa SMP Labschool Jakarta

Diperbarui: 22 Januari 2025   14:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

siswa smp labschool jakarta belajar bikin games/dokpri

Pagi ini Omjay mencoba bermain games buatan kelas 7 SMP Labschool Jakarta. Pinter sekali mereka membuat games. Omjay saja belum tentu bisa bikinnya. Omjay memainkannya setelah dikirimkan alamat linknya di bawah ini:

Semua siswa kelas 7 juga diminta membuat slide presentasinya di canva  dan ini salah satu contohnya, klik https://www.canva.com/design/DAGcPCgLMFA/FP0UKwHl4FRUPdHhJISuEQ/edit?utm_content=DAGcPCgLMFA&utm_campaign=designshare&utm_medium=link2&utm_source=sharebutton 

Dengan teknologi yang semakin maju, makin banyak pula sistem atau aplikasi atau program yang digunakan untuk membantu masyarakat. Setiap sistem tersebut dapat dibuat dan dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman tertentu. Walaupun bahasanya berbeda, cara berpikir atau algoritmanya akan tetap sama. 

Sebagai langkah awal, anda akan memulai dengan mempelajari pemrograman visual. Salah satu contoh pemrograman visual yang dapat digunakan adalah "Scratch".

Scrath adalah program yang dbuat dengan algoritma yang mudah. Algoritma adalah urutan langkah yang dibuat untuk menyelesaikan tugas tertentu. Salah satu contoh sederhana algoritma adalah langkah untuk membeli tiket bioskop secara langsung. 

Algoritma akan diterjemahkan menjadi kode program untuk memberikan urutan instruksi pada perangkat komputer. Algoritma dan pemrograman yang mengatur jalannya sistem komputer, membawa masyarakat berkomunikasi dengan cara yang baru dan membantu menyelesaikan beberapa masalah lainnya.

Informatika adalah bidang ilmu yang mempelajari konsep-konsep informatika serta menggali dunia di sekitar kita, baik dalam ranah nyata maupun digital. 

Pemrograman adalah proses mengembangkan program, perangkat lunak komputer, aplikasi, dan situs web. Saat ini, komputer tidak dapat berpikir sendiri. Komputer hanya menjalankan perintah yang diberikan kepadanya atau yang sudah tersimpan dan siap dijalankan.

Materi yang diajarkan mencakup studi, pengembangan, dan implementasi sistem komputer, termasuk pemahaman inovasi serta cara menciptakannya.

Melalui informatika, peserta didik dapat berkreasi, menganalisis, merancang, dan mengembangkan produk berupa perangkat keras, perangkat lunak, atau sistem komputasi yang mengintegrasikan keduanya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline