Lihat ke Halaman Asli

Omjay Labschool

guru blogger indonesia

Kisah Omjay, Apa dan Mengapa Kita Perlu Belajar Informatika?

Diperbarui: 9 Agustus 2024   11:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 sumber gambar dokpri

Apa dan mengapa kita perlu belajar informatika? Inilah tema kisah Omjay kali ini. Informatika adalah mata pelajaran baru dalam kurikulum merdeka. Tahun 2013, mata pelajaran TIK dihapuskan dalam kurikulum 2013, dan alhamdulillah tahun 2023, kembali berada dalam struktur kurilum dalam kurikulum merdeka dengan nama informatika.

Informatika adalah bidang ilmu mengenai studi, perancangan, dan pembuatan sistem komputasi, serta prinsip-prinsip yang menjadi dasar perancangan tersebut. 

Komputasi adalah ilmu yang berkaitan dengan pemodelan matematika dan penggunaan komputer untuk menyelesaikan masalah-masalah sains. Istilah informatika sepadan dengan istilah dalam bahasa Inggris informatics, computing, atau computer science.

Landasan berpikir untuk belajar Informatika dinamakan berpikir komputasional (computational thinking). Berpikir komputasional ini merupakan suatu kerangka dan proses berpikir yang mencakup perangkat keras, perangkat lunak, dan menalar (reasoning) mengenai sistem dan persoalan. 

https://youtu.be/rB0pcNdxZS0


Moda berpikir (thinking mode) ini didukung dan dilengkapi dengan pengetahuan teoretis dan praktis, serta teknik untuk menganalisis, memodelkan, dan menyelesaikan persoalan. Siswa yang belajar informatika akan mendalami bagaimana suatu "sistem komputasional" berfungsi, baik yang mengandung komputer maupun tidak.

Saat ini, manusia hidup di era digital yang sering disebut Industri 4.0. Dalam Industri 4.0, banyak hal dilakukan oleh manusia dengan memanfaatkan mesin cerdas berbasis komputer dan internet. 

Masyarakat sekarang ini disebut Masyarakat 5.0 (Society 5.0) karena hidup di dunia fisik sekaligus didunia siber (maya) saat melakukan kegiatan daring (dalam jaringan).

Banyak kegiatan dilakukan manusia secara fisik maupun secara daring dengan pemanfaatan teknologi komputer dan internet. Jarak dan waktu kini semakin dekat dengan adanya internet.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline