Lihat ke Halaman Asli

Omjay Labschool

guru blogger indonesia

Pembiasaan Sholat Berjamaah di Masjid Sekolah

Diperbarui: 31 Juli 2024   15:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Input sumber gambar dokpri

Pembiasaan Sholat Berjamaah Di Masjid Sekolah

Pendahuluan

Di sekolah kami, SMP dan SMA Labschool Jakarta, ada kegiatan pembiasaan sholat berjamaah. Kegiatan ini dilaksanakan untuk siswa yang beragama Islam. Kegiatan sholat berjamaah dilaksanakan di masjid baitul Ilmi Labschool Jakarta.

Sholat berjamaah adalah sholat yang dilaksanakan bersama-sama yang didalamnya ada imam dan makmum. Niat sholatnya juga berbeda dengan sholat sendirian. Pahalanya juga lebih banyak daripada sholat sendirian.

Isi Tulisan ini ingin menceritakan sekaligus memberitakan tentang bagaimana pelaksanaan sholat berjamaah yang dilaksanakan di masjid baitul ilmi Labschool Jakarta. Semoga dapat diikuti oleh sekolah lainnya.

Apa yang dilakukan saat sholat berjamaah di masjid sekolah?

Kami berkumpul di masjid sekolah pukul 12.00 WIB untuk siswa SMP Labschool Jakarta, dan pukul 12.30 WIB untuk siswa SMA Lasbchool Jakarta. Salah seorang guru yang menjadi wali kelas memimpin sholat dhuhur berjamaah. 

Setelah sholat dhuhur, salah seorang siswa tampil untuk memberikan kuliah tujuh menit yang biasa disingkat kultum. Setelah kultum, ada informasi penting dari skeolah yang disampaikan pimpinan sekolah.

Untuk sholat ashar berjamaah, tidak ada kegiatan kultum. Siswa dipersilahkan untuk kembali ke rumah masing-masing dengan terlebih dahulu melakukan presensi atau kehadiran sholat berjamaah kepada wali kelas masing-masing.

Siapa saja yang sholat berjamaah di masjid sekolah?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline