Lihat ke Halaman Asli

Omjay Labschool

guru blogger indonesia

Meningkatkan Nilai Siswa yang Rendah dengan Program Remedial

Diperbarui: 20 Oktober 2022   07:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Selamat pagi kawan-kawan. Selamat beraktivitas sehar-hari. Semoga hari ini lebih baik dari hari kemarin. Kita semua sehat dan dapat terus berbagi ilmu dan pengalaman di kompasiana tercinta.

Pagi ini, Omjay mendapatkan pesan WA dari siswa kelas 7 dan 8 SMP Labschool Jakarta. Mereka bertanya kapan ada program remedial Omjay? Mereka mendapatkan nilai kurang memuaskan saat Sumatif Tengah Semester (STS) yang baru saja dilaksanakan minggu lalu.

Sebagai guru yang mengajar mata pelajaran Informatika, tentu akan memberikan nilai sesuai dengan kemampuan siswa. Kita mengajar sesuai alur tujuan pembelajaran (ATP) dan capaian pembelajaran (CP). Bila belum tercapai, maka sebagai guru kita wajib memberikan remedial kepada siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKTP. 

Apa itu KKTP? KKTP (Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran) adalah berfungsi untuk merefleksikan proses pembelajaran dan mendiagnosis tingkat penguasaan kompetensi peserta didik agar pendidik dapat memperbaiki proses pembelajaran dan memberi intervensi pembelajaran yang sesuai kepada peserta didik.

KKTP mata pelajaran informatika adalah 80. Jadi siswa tidak boleh kurang nilainya dari 80. Oleh karena itu, omjay membuka program remedial agar nilai siswa naik dan sesuai dengan KKTP. Omjay harus mengajar kembali agar semua siswa lebih menguasai materi. Bahasa Inggrisnya Remedial teahing.

Remedial teaching adalah suatu pengajaran yang berguna untuk memperbaiki atau mengatasi kesulitan dan kelemahan siswa dalam menguasai materi pelajaran tertentu untuk mencapai tujuan yang diharapkan, dengan sifat belajar yang lebih khusus menggunakan pendekatan individual. 

Remedial adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama, tetapi maknanya berbeda. Remedial memiliki arti dalam kelas adjektiva atau kata sifat sehingga remedial dapat mengubah kata benda atau kata ganti, biasanya dengan menjelaskannya atau membuatnya menjadi lebih spesifik dan menarik.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata remedial adalah berhubungan dengan perbaikan. Contoh: Pengajaran remedial, pengajaran ulang bagi murid yang hasil belajarnya jelek. Arti lainnya dari remedial adalah bersifat menyembuhkan.

Program remedial merupakan salah satu komponen penting dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran pada Kurikulum 2013 dan bisa diterapkan dalam kurikulum merdeka. Dalam kurikulum merdeka, guru harus memberikan pelayanan yang terbaik kepada siswa atau muridnya. Nilai siswa yang rendah, bisa jadi bukan kesalahan siswa semata, tapi juga kesalahan guru dalam melaksanakan ketiga standar pendidikan.

Harus kita ingat, bahwa tugas dan fungsi pokok guru dalam pembelajaran di kelas menyangkut tiga standar nasional pendidikan sekaligus, yaitu standar isi, standar proses, dan standar penilaian. Ketiga standar itulah yang seharusnya dilakukan oleh guru.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline