Lihat ke Halaman Asli

Omjay Labschool

guru blogger indonesia

Guru Bijak Wujudkan Merdeka Belajar

Diperbarui: 8 September 2022   07:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Kata Pengantar Guru Blogger Indonesia

GURU BIJAK WUJUDKAN MERDEKA BELAJAR

          

Merdeka Belajar sejak awal dicetuskan oleh Bapak Pendidikan Nasional Ki Hadjar Dewantara mempunyai makna yang sangat dalam. Oleh Kemendikbud Ristek Dikti Nadiem Anwar Makarim, Merdeka Belajar kembali dihadirkan untuk mengatasi fenomena Learning Loss akibat Pandemi Covid-19 dan agar mutu pendidikan di Indonesia dapat ditingkatkan. 

Guru yang berhadapan langsung dengan peserta didik dalam proses kegiatan belajar mengajar selain dituntut menguasai kompetensi paedagogi, juga diharapkan menguasai IPTEK, mampu berkreasi serta berinovasi untuk mengembangkan model-model pembelajaran yang relevan disesuaikan dengan kemajuan zaman.

Alhamdulillah buku antologi ini dapat terbit dan anda dapat membacanya hingga tuntas. Buku yang berisikan kisah guru-guru bijak dalam upayanya mewujudkan merdeka belajar dengan menciptakan pembelajaran bermakna ini layak dijadikan referensi untuk diaplikasikan kembali di kelas baik secara luring ataupun daring.

Dengan pengabdian yang luar biasa, mereka mencurahkan hidupnya untuk mendidik putera-puteri Indonesia.Walaupun harus berjibaku dengan suasana Pandemi Covid-19, jalan keluar akan selalu ada agar peserta didik tetap mendapatkan pendidikan yang layak dari negara. 

Kini Pandemi sudah berlalu serta era new normal dapat kita rasakan bersama. Tentu saja dunia pendidikan di Indonesia pun diharapkan dapat kembali pulih dan mengalami peningkatan mutu yang signifikan.

Semoga buku ini dapat menjadi inspirasi serta memberikan solusi bagi para guru hebat diseluruh nusantara untuk tetap berkonstribusi dengan memberikan yang terbaik. 

Guru hebat adalah guru yang selalu bersemangat untuk terus belajar serta berkarya, sedangkan guru bijak adalah guru yang dapat dijadikan panutan dimanapun dia berada, maka jadilah guru hebat yang bijak. Salam literasi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline