Lihat ke Halaman Asli

Ombrill

TERVERIFIKASI

Videografer - Content Creator - Book Writer

Kisah Seru Produser tvOne "Berburu" Ustadz Abdul Somad

Diperbarui: 22 Juni 2018   16:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ramadhan ini, salah satu program televisi yang paling ditunggu tak lain adalah penampilan Ustadz Abdul Somad (selanjutnya penulis singkat UAS) di tvOne. Betapa tidak, saat ini UAS merupakan sosok paling popular di tanah air. Jika tampil dalam sebuah ceramah, jamaahnya puluhan ribu. Tak berlebihan, fenomena UAS mirip dengan almarhum KH Zainuddin MZ yang dikenal dengan sebutan "Kiai Sejuta Umat".

Kepopuleran UAS membuat banyak stasiun televisi coba "melamar" beliau untuk tampil di televisi. Dengan bisa tampil di televisi, berharap mata penonton bisa ke stasiun televisi tersebut. Ujung-ujungnya, stasiun itu meraih rating-share selangit. Selain rating-share, tentu saja mendulang banyak uang dari pihak sponsor. 

UAS akhirnya lebih tertarik tampil di tvOne. Di tulisan selanjutnya, saya akan ungkap, kenapa UAS lebih tertarik tampil di tvOne, ketimbang Trans TV (tv pertama yang menampilkan UAS) atau RCTI (tv yang sempat membuat Tabligh Akbar UAS). Nah, salah seorang yang cukup "berjasa" memboyong UAS ke tvOne adalah Produser tvOne bernama Faiz.

Faiz mengenal UAS di awal 2017, yakni ketika beliau popular seperti sekarang ini. Ketika masih muncul di Youtube, Produser tvOne ini mulai mencari tahu bagaimana bisa menjalin komunikasi dengan UAS. Ya, inilah salah satu tugas seorang Produser.

"Saya mulai bertanya-tanya di Instagram," papar Faiz coba mengingat awal "berburu" UAS. "Menanyakan apakah boleh bersilaturahim bertemu Ustadz".

Pertanyaan Faiz ternyata tidak direspon admin Instagram UAS. Lama tak dijawab. Sampai suatu ketika, Ustadz Arifin Ilham mengabari Faiz, bahwa UAS akan bertabligh akbar di Masjid Az-Zikra, Sentul. Masjid Az-Zikra adalah "markas" Ustadz Arifin Ilham. Kebetulan Faiz kenal dengan Ustadz Arifin Ilham, yang selama ini dikenal sebagai pimpinan Az-Zikra.

"Di Masjid Az-Zikra itulah pertama kali saya kenalan dengan UAS," jelas pria berkacamata ini. Selain perkenalan, untuk pertama kali, UAS tampil di tvOne di acara Damai Indonesiaku.

Dalam pertemuan tersebut, Faiz mulai akrab dengan seorang asisten UAS. Dari asisten ini, Faiz diinfokan jadwal UAS sepanjang 2017-2018. Begitu diperlihatkan jadwal, ia baru percaya, bahwa jadwal UAS padat.

"Tak ada satu pun celah untuk bisa mengundang Ustadz," ingat Faiz. "Bahkan, Kementrian, pejabat, atau bahkan Preseiden yang mau ngundang Ustadz tetapi tidak bisa, ya bener. Jadwal Ustadz padet banget."

Tak seperti Ustadz kebanyakan, dimana mendahului pejabat atau mereka yang berani membayar honor besar, UAS beda. Menurut Faiz, UAS tak mau mengecewakan jadwal yang sudah ada. "Siapa pun dia, kalau hendak mengundang Ustadz, tetap harus antri. Ustadz tidak mau meng-cancel demi pejabat. Komitmen pada mereka yang sudah lebih dulu mengundang, sangat dijaga.".

Kelar bertemu pertama di Masjid Az-Zikra, Faiz terus berburu UAS. Selama ada di wilayah Jabodetabek, Faiz kejar UAS. Selain bertemu dengan asisten UAS, Faiz juga langsung "merayu" UAS. "Ayo dong, kapan tampil di Damai Indonesiaku," rayu Faiz pada UAS. Alhamdulillah, UAS akhirnya mau tampil di Damai Indonesiaku.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline