Lihat ke Halaman Asli

Ombi Lomri

Freelance

Cara Membuat Daftar Persediaan Barang di MYOB

Diperbarui: 22 April 2023   04:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Jika Anda adalah seorang pemilik bisnis atau akuntan, membuat daftar persediaan barang dagang dapat membantu Anda mengontrol dan mengatur inventarisasi bisnis Anda. MYOB adalah salah satu perangkat lunak akuntansi yang digunakan oleh banyak perusahaan untuk membantu mengatur dan memonitor persediaan mereka. Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah cara membuat daftar persediaan barang dagang pada MYOB.

Apa itu daftar persediaan barang dagang?

Sebelum kita mulai membahas langkah-langkah cara membuat daftar persediaan barang dagang pada MYOB, mari kita terlebih dahulu memahami apa itu daftar persediaan barang dagang. Daftar persediaan barang dagang adalah sebuah laporan yang berisi daftar barang yang dimiliki oleh perusahaan yang dapat dijual kepada pelanggan. Daftar ini memuat jumlah barang yang tersedia, harga jual, dan nilai total persediaan. Dalam bisnis, daftar persediaan barang dagang sangat penting untuk mengukur kesehatan bisnis, melakukan perencanaan pembelian, dan menghitung keuntungan atau kerugian.

Cara membuat daftar persediaan barang dagang pada MYOB

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat daftar persediaan barang dagang pada MYOB:

1. Membuat akun persediaan barang dagang

Langkah pertama adalah membuat akun persediaan barang dagang di MYOB. Untuk melakukan hal ini, buka MYOB dan pilih menu "Accounts". Kemudian, pilih "Accounts List" dan klik "New". Pilih "Inventory" sebagai tipe akun dan masukkan nama akun persediaan barang dagang Anda. Setelah itu, klik "OK".

2. Menambahkan item persediaan barang dagang

Setelah membuat akun persediaan barang dagang, langkah berikutnya adalah menambahkan item persediaan barang dagang. Untuk melakukan hal ini, buka MYOB dan pilih menu "Inventory". Kemudian, pilih "Item List" dan klik "New". Masukkan informasi barang dagang Anda seperti nama, deskripsi, harga jual, dan harga beli. Setelah itu, klik "OK".

3. Memperbarui persediaan barang dagang

Setelah menambahkan item persediaan barang dagang, langkah selanjutnya adalah memperbarui persediaan barang dagang. Untuk melakukan hal ini, buka MYOB dan pilih menu "Inventory". Kemudian, pilih "Adjust Inventory" dan masukkan jumlah barang dagang yang tersedia. Setelah itu, klik "OK".

4. Membuat laporan persediaan barang dagang

Setelah memperbarui persediaan barang dagang, langkah terakhir adalah membuat laporan persediaan barang dagang. Untuk melakukan hal ini, buka MYOB dan pilih menu "Inventory". Kemudian, pilih "Inventory Value Summary" atau "Inventory Item Summary" dan pilih tanggal yang ingin Anda lihat laporan persediaan barang dagangnya. Setelah itu, klik "OK".

Kesimpulan

Membuat daftar persediaan barang dagang pada MYOB tidaklah sulit. Langkah-langkah yang harus diikuti adalah membuat akun persediaan barang dagang, menambahkan item persediaan barang dag




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline