Lihat ke Halaman Asli

Kenaikan Bbm Membuat Resah Masyarakat

Diperbarui: 4 Januari 2023   00:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

PENDAHULUAN

Perubahan kebijakan berarti mengganti suatu kebijakan dengan kebijakan baru untuk memperbaiki kebijakan lama.  BBM  merupakan bahan baku yang harganya ditetapkan oleh negara. Tujuan tulisan ini adalah untuk mengkaji dampak kebijakan perubahan harga BBM terhadap perekonomian Indonesia.  Kenaikan harga BBM berdampak besar bagi masyarakat karena menyebabkan kenaikan harga pangan dan sandang serta inflasi. Dan peran pemerintah sangat penting untuk mengatasi dampak kenaikan harga BBM, misalnya mengintervensi pasar, agar harga barang dan jasa tidak naik seiring dengan kenaikan harga BBM.

Sampai saat ini pemerintah telah menjaga agar harga BBM tetap stabil dan terjangkau oleh masyarakat Indonesia, namun meningkatnya kebutuhan konsumsi BBM secara umum serta kenaikan harga BBM internasional menyebabkan harga BBM lokal menyesuaikan dengan harga BBM internasional untuk menjamin kesinambungan. negara untuk memastikan, bahwa keuangan publik tetap aman dan stabil.

Kenaikan harga BBM berdampak besar terhadap biaya hidup baik bagi kalangan bawah maupun korporasi besar, karena kenaikan harga BBM berdampak pada harga barang kebutuhan pokok yang juga ikut meningkat sehingga produksi meningkat. dan daya beli masyarakat menurun, sehingga produksi dan pembelian dihilangkan. bahwa ekonomi melemah, yang menyebabkan penurunan ekonomi negara dan peningkatan kesulitan.

Tinjauan Literatur

Teori Perubahan Kebijakan Publik

Dikutip dari Aminuddin Bakry 2010, Kebijakan perubahan publik (Hayat 2017) adalah keputusan atau pilihan yang dibuat secara sadar untuk mengatur pengelolaan sumber daya publik dengan tujuan untuk memberi manfaat kepada publik dan warga negara.

Sementara itu (Suaib 2016), kebijakan perubahan publik adalah kebijakan atau keputusan otoritas publik yang menghubungkan banyak orang pada tingkat strategis atau konseptual dan yang tujuannya adalah untuk melayani publik, yaitu. H. mempertahankan atau meningkatkan kualitas manusia.

Teori pengaruh kognitif

Pengaruh adalah efek dari setiap orang atau pemimpin terhadap organisasi atau bisnis, biasanya memiliki efek tersendiri, seperti efek positif dan negatif. Pengaruh seperti yang disebutkan oleh Waralah Rd Cristo (Hariyati 2015) adalah sesuatu yang timbul karena melakukan sesuatu, bisa bersifat positif maupun negatif.

Teori tentang penyebab kenaikan harga BBM

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline