PENDAHULUAN
Perubahan kebijakan berarti mengganti suatu kebijakan dengan kebijakan baru untuk memperbaiki kebijakan lama. BBM merupakan bahan baku yang harganya ditetapkan oleh negara. Tujuan tulisan ini adalah untuk mengkaji dampak kebijakan perubahan harga BBM terhadap perekonomian Indonesia. Kenaikan harga BBM berdampak besar bagi masyarakat karena menyebabkan kenaikan harga pangan dan sandang serta inflasi. Dan peran pemerintah sangat penting untuk mengatasi dampak kenaikan harga BBM, misalnya mengintervensi pasar, agar harga barang dan jasa tidak naik seiring dengan kenaikan harga BBM.
Sampai saat ini pemerintah telah menjaga agar harga BBM tetap stabil dan terjangkau oleh masyarakat Indonesia, namun meningkatnya kebutuhan konsumsi BBM secara umum serta kenaikan harga BBM internasional menyebabkan harga BBM lokal menyesuaikan dengan harga BBM internasional untuk menjamin kesinambungan. negara untuk memastikan, bahwa keuangan publik tetap aman dan stabil.
Kenaikan harga BBM berdampak besar terhadap biaya hidup baik bagi kalangan bawah maupun korporasi besar, karena kenaikan harga BBM berdampak pada harga barang kebutuhan pokok yang juga ikut meningkat sehingga produksi meningkat. dan daya beli masyarakat menurun, sehingga produksi dan pembelian dihilangkan. bahwa ekonomi melemah, yang menyebabkan penurunan ekonomi negara dan peningkatan kesulitan.
Tinjauan Literatur
Teori Perubahan Kebijakan Publik
Dikutip dari Aminuddin Bakry 2010, Kebijakan perubahan publik (Hayat 2017) adalah keputusan atau pilihan yang dibuat secara sadar untuk mengatur pengelolaan sumber daya publik dengan tujuan untuk memberi manfaat kepada publik dan warga negara.
Sementara itu (Suaib 2016), kebijakan perubahan publik adalah kebijakan atau keputusan otoritas publik yang menghubungkan banyak orang pada tingkat strategis atau konseptual dan yang tujuannya adalah untuk melayani publik, yaitu. H. mempertahankan atau meningkatkan kualitas manusia.
Teori pengaruh kognitif
Pengaruh adalah efek dari setiap orang atau pemimpin terhadap organisasi atau bisnis, biasanya memiliki efek tersendiri, seperti efek positif dan negatif. Pengaruh seperti yang disebutkan oleh Waralah Rd Cristo (Hariyati 2015) adalah sesuatu yang timbul karena melakukan sesuatu, bisa bersifat positif maupun negatif.
Teori tentang penyebab kenaikan harga BBM