Lihat ke Halaman Asli

Jajanan Tradisonal Bandung yang Bikin Ngiler!

Diperbarui: 12 September 2023   22:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foodie. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Apa yang Anda cari ketika mengunjungi suatu daerah?

Bagi sebagian besar orang berburu kulier disuatu daerah menjadi hal yang wajib, apalagi jika berkunjung ke Bandung, Kota yang sering disebut sebagai "surga" kuliner. Berburu jajanan tradisonal menjadi salah satu hal yang menarik jika berkunjung ke Kota Bandung.

Ini dia jajanan tradisonal Bandung yang wajib dicoba bila Anda berkunjung ke Kota Bandung!

Putu Bambu

Jajanan tradisional Bandung tempo dulu yang satu ini mungkin sudah cukup jarang kita temui. Jajanan ini memiliki khas suara bunyi "nging..." ketika pedangnya berkeliling menjajakan dagangannya. Biasanya pedagang putu bambu berjualan pada sore hingga malam hari.

Kue putu bambu terbuat dari bahan dasar tempung beras. Kue ini diolah dengan cara dikukus yang diletakan dalam tabung bambu yang dipadatkan dengan isian gula merah. Setelah matang kemudian ditaburi dengan parutan kelapa.

Ternyata bunyi "nging..." yang menjadi ciri khas jajanan tradisonal ini berasal dari uap yang keluar untuk mengukus kue putu. Suara bunyi yang keluar sekaligus menjadi media untuk memanggil pembeli, dari kejauhan saja kita sudah tahu adanya penjual kue putu bambu.

Jadi rindu suasana masa kecil di rumah Nenek ya.

Combro

Jajanan tradisional Bandung yang masih mudah ditemui adalah combro yang merupakan kepanjangan dari oncom di jero. Bahan utama jajanan tradisonal Sunda yang satu ini berasal dari singkong yang diparut halus, kelapa parut, tepung sagu, oncom, cabe, kemudian ditambah dengan daun bawang, bawang putih, bawang merah, garam dan merica bubuk.

Campuran bahan-bahan tersebut setelah digoreng akan memberikan sensasi kerenyes dan pedas yang berasal dari oncom dan cabe didalamnya.

Misro

Selain combro jajanan tradisonal Bandung lainnya yang mudah ditemukan adalah misro atau amis dijero. Sama seperti combro bahan utama jajanan tradisonal Bandung ini berasal dari singkong, bedanya jika combro didalamnya terdapat oncom dan cabe, maka misro terdapat parutan gula merah.

Jika combro memberikan sensasi krenyes dan pedas, maka misro memberikan sensasi kerenyes dan manis.

Colenak

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline