Lihat ke Halaman Asli

Transformasi Sosial di Era Digital Dampak Internet pada Masyarakat Modern

Diperbarui: 20 Juli 2024   23:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Transformasi sosial adalah proses perubahan penting dalam struktur, pola, dan juga hubungan sosial dalam masyarakat. Perubahan sosial pada era digital ini terjadi karena beberapa faktor perubahan ini mencakup dalam cara orang hidup, berkomunikasi, bekerja, dan juga berinteraksi satu sama lain. Perubahan sosial ini terjadi karena semakin berkembang nya teknologi di era sekarang seperti komputer, internet dan perangkat digital, semakin canggih nya teknologi menjadi salah satu perubahan sosial yang terjadi di dalam masyarakat pada saat ini. Berikut ini adalah beberapa dampak utama internet pada perubahan sosial :

GAYA HIDUP :

Pola konsumsi media berubah dari yang tadi nya menonton film ataupu berita di televisi dan mendengarkan musik di radio menjadi live streaming dan media sosial contoh nya seperti aplikasi youtube, viu, vidio, netflix, spotify. Memungkinkan akses langsung ke berbagai konten hiburan kapan saja dan di mana saja. Hal ini menciptakan budaya konsumsi media yang lebih individual

AKSES INFORMASI :

Dengan adanya internet, akses informasi menjadi lebih cepat dan mudah. Mesin pencari seperti Google, browser seperti Safari dan Chrome, serta ensiklopedia online seperti Wikipedia menyediakan informasi yang dapat diakses hanya dalam hitungan detik. Hal ini mengubah cara orang mencari dan menggunakan informasi, membuat pengetahuan lebih mudah diakses oleh masyarakat luas.

PENDIDIKAN :

Pembelajaran jarak jauh menjadi lebih umum terutama di masa pandemi COVID-19 seperti zoom, google meet dan juga google classroom.

KOMUNIKASI :

Kemudahan berkomunikasi dengan orang di seluruh dunia melalui email, media sosial, dan aplikasi pesan instan seperti whatsapp, line, dan instagram. Teknologi pendidikan seperti aplikasi belajar dan kelas virtual memudahkan kita untuk  mengakses terhadap pendidikan.

EKONOMI dan BISNIS :

Aplikasi belanja berkembang pesat memungkinkan transaksi jual beli barang dan jasa secara online. Bisnis tradisional beradaptasi dengan cara bisnis digital seperti pada penggunaan toko online contoh aplikasi nya shoope, toko pedia, blibli, gojek dan juga grab.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline