Lihat ke Halaman Asli

Tua dan Muda: Benarkah Nggak Bisa Akur?

Diperbarui: 26 Juni 2015   14:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Sering nggak sih kita merasa "nggak nyambung banget" sama orang tua kita atau mungkin orang-orang yang generasi-nya di atas kita. Atau malah merasa lebih suka bergabung dengan yang lebih tua karena mereka lebih bijaksana? (berarti Anda punya kemampuan komunikasi yang baik).

Coba simak beberapa contoh berikut (ini hanya sekedar contoh loh):

Case I

Kita berpikir: ga efektif banget sih, gini niiiih cara yang lebih efektif! Kita kasih tau deh, lalu kita malah di-respon: tau apa sih lu masih anak ingusan. Bete kan? Padahal dah dikasih tau yang bener (maksud kita yang efektif), teteuuuup aja ngeyel dengan cara lama mentang-mentang udah tua.

Case II

Jaman udah beda, mungkin dulu pacaran itu harus ditemenin orang tua segala, nggak lama-lama pacaran tapi langsung nikah. Bete banget deh ditanya kapan menikah terus? Memangnya nikah gampang, gimana karir gua kalau udah nikah, masa jadi ngurus anak dsb. Memang sih kita tau, ortu pengen cepet-cepet melihat kita "berbahagia", lha tapi kalau ternyata menikah terlalu dini bukan membuat kita bahagia, gimana coba?

Case III

Untuk ngebahas masalah aja harus berbelit-belit, kenapa sih nggak langsung to the point ke inti masalahnya, terus gimana baiknya. Nggak usah pake ngomong panjang dulu tentang ini itu.

Hmmm... mungkin banyak lagi kesebelan kita sama generasi-generasi tua. Lantas, apa kita pikir mereka nggak sebel sama kita? Terus siapa yang salah sebenernya? Kita yang muda atau mereka yang tua? Dari sisi kita bilangnya: salah yang tua nggak mengikuti perkembangan jaman dan nggak praktis, dari sisi mereka bilangnya: salah yang muda nggak tau sopan santun dan sok tau. Sering terjadi kan?

Teman-teman muda, ini hanya ide yang sempat terlintas di pikiran saya, dalam kenyataannya saya juga belum bisa 100% switch how to communicate with older people, namun saya akan bergerak ke arah itu: berkomunikasi dengan baik kepada generasi tua.

Sedikit tips siapa tau mau dicoba:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline