Di indonesia khususnya, kita tak asing lagi yang namanya evaluasi pembelajaran dan program pendidikan, dua kalimat tersebut sangatlah pengaruh besar terhadap perkembangan di dunia pendidikan .
karena disanalah otak dari pada sistem pendidikan. sebelum meluas materi tentang namanaya evaluasi pembelajaran dan program pendidikan, kita bahas dulu dari pengertian masing-masing katanya.
Menurut (Zein & Darto. 2012: 7 ), bahwa
Evaluasi adalah kegiatan terencana untuk mengetahui kondisi suatu objek dengan menggunakan instrumen dan membandingkan hasilnya dengan dokumen acuan untuk menarik kesimpulan. menggambarkan siswa dan mengevaluasi mereka dalam hal nilai dan kepentingan.
dan kata pembelajaran, kita bahas menurut ahlinya, sebelum kita kepembelajaran mari kita bahas sedikit daripada kata " belajar"
Belajar adalah komunikasi dua arah, antara si pengajar dan yang siswa diajarkannya, artinya Pengajaran dilakukan oleh guru sebagai pendidik, sedangkan pembelajaran dilakukan oleh siswa. Menurut Sudjana (2012: 28), menjelaskan bahwa pembelajaran adalah suatu usaha yang sengaja dilakukan oleh pendidik dan dapat mengarahkan peserta didik untuk melakukan kegiatan belajar.
menyangkut pembahasan tentang evaluasi pembelajaran banyak sekali dari para ahli yang berpendapat, namu kita simpulkan bahwa yang dinamakan dengan evaluasi pembelajaraan adalah proses pengumpulan, analisis, dan interpretasi informasi secara sistematis untuk menentukan apakah tujuan pembelajaran telah tercapai. Tujuannya adalah untuk mengumpulkan informasi yang menjadi dasar untuk menentukan kemajuan belajar siswa, perkembangan, dan keberhasilan, serta efektivitas pengajaran guru.
komponen-komponen evaluasi pembelajaran :
1. mengumpulkan informasi
2. mempertimbangkan informasi dan
3. ditindak lanjuti