Lihat ke Halaman Asli

Olive Bendon

TERVERIFIKASI

Travel Blogger

GoJek Gandeng RDL Luncurkan Street Smart Program

Diperbarui: 1 Juli 2015   16:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tinggal dan bekerja di Jakarta membutuhkan trik tersendiri agar tidak menimbun stres karena berpapasan dan terjebak di antrian panjang kemacetan setiap hari. Ojek pun menjadi pilihan alternatif sebagian besar warga Jakarta ketika hendak bepergian, menghindari kemacetan dan menghemat waktu. Sayangnya, dari sekian ribu pengendara ojek yang beroperasi di Jakarta, hanya sebagian kecil yang benar-benar memahami cara berkendara dengan baik dan benar yang sesuai dengan peraturan yang berlaku. Dari sebagian kecil ini, beberapa di antaranya karena desakan ekonomi, mau tidak mau, belajar kilat mengendarai motor agar bisa ngojek.

Dalam sebulan ini, media diramaikan dengan gonjang-ganjing seputar moda transportasi berbasis aplikasi yang sedang naik daun. Salah satu yang akrab dibahas adalah GoJek, pionir pemesanan ojek lewat aplikasi. Tak ayal, di koran, televisi, media online, kantor, warteg dan di mana pun orang berkumpul, GoJek menjadi topik yang hangat dibincangkan.

Menurut Nadiem Makariem, CEO PT Gojek Indonesia, sejak diluncurkan pada Januari 2015 lalu, aplikasi GoJek telah diunduh sebanyak 500,000 pengguna dengan 10,000 pengendara yang bergabung sebagai mitra GoJek yang tersebar di Jabodetabek, Bali, Surabaya dan Bandung. Hal ini disampaikan Nadiem di tengah peluncuran GoJek Street Smart Program di Jakarta, Selasa (30 /06/2015).

Lebih lanjut Nadiem memaparkan bahwa, GoJek Street Smart Program adalah program pelatihan berkendara yang diwajibkan bagi semua pengendara GoJek bekerja sama dengan Rifat Drive Labs (RDL). Program ini dilansir oleh GoJek sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan penguasaan teknik berkendara para pengendara GoJek. Sehingga diharapkan dalam melayani pelanggan, mereka selalu berupaya untuk memperhatikan ketertiban dan keselamatan berkendara. 

Pada kesempatan yang sama Rifat Sungkar, Founder RDL yang juga Duta Safety Driving Indonesia menjelaskan, RDL bertugas untuk mengajarkan safety driving dan defensive riding untuk para pengendara ojek agar bisa memberikan kontribusi rasa aman bagi pelanggan GoJek melalui pelatihan bermanuver serta etika berlalu lintas. RDL telah menyiapkan 120 orang instruktur yang akan mendampingi pengendara GoJek dalam pelatihan yang akan dimulai pada 9 Juli 2015 di bilangan Jakarta Selatan.

Ketika ditanyakan mengenai program pelatihan untuk para pengendara ojek tersebut, Trio salah seorang mitra GoJek sangat antusias dengan program tersebut. Dirinya juga berharap ada semacam mediasi antara mitra GoJek dengan manajemen GoJek untuk mereka bisa berinteraksi dan menyampaikan kendala yang ditemui di lapangan saat melayani pelanggan. Trio yang bergabung dengan GoJek sejak 5 (lima) bulan dan menarik ojek selepas jam kerja utamanya sebagai karyawan di salah satu perusahaan swasta di Jakarta mengakui, pendapatannya dari mengojek sangat membantu dalam menunjang kebutuhan ekonomi keluarganya.

Ditanya ramainya perbincangan seputar layanan GoJek serta sulitnya prosedur penyampaian keluhan pelanggan, Pingkan Irwin, VP Marketing GoJek secara terpisah menjelaskan selain disampaikan melalui Customer Service, semua pengaduan pelanggan dikonsentrasikan melalui media sosial, twitter @GojekIndonesia. Tertarik menjadi pengendara atau punya masukan dan keluhan seputar GoJek? Silakan ikuti prosedur pada gambar di atas, saleum [oli3ve].

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline