Lihat ke Halaman Asli

Olive Bendon

TERVERIFIKASI

Travel Blogger

Detik-detik Menuju Jakarta yang Tenang

Diperbarui: 26 Juni 2015   02:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Jalan di depan rumah yang biasanya padat menjelang pk 8 sejak kemarin mulai sepi, bahkan pagi ini hanya satu dua kendaraan pribadi yang melintas karena menghindari three in one. Demikian juga jalan raya dari Pejompongan menuju arteri Pondok Indah mulai terasa lengang. Sudah seminggu belakangan angkutan umum juga tidak terlalu padat, meski untuk jurusan tertentu penumpang masih gelantungan di atas bis kota. Pusat perbelanjaan seminggu ini pun tak lepas dari serbuan pembeli untuk membeli persiapan di hari raya.

[caption id="attachment_131602" align="aligncenter" width="300" caption="padat dan sepinya bis kota menjelang lebaran"][/caption] [caption id="attachment_131604" align="aligncenter" width="300" caption="Jl Sudirman Jakarta yang sehari-hari padat"][/caption]

H-4 jelang lebaran, penghuni Jakarta yang sebagian besar kaum pendatang satu per satu mulai berkemas mamadati stasiun kereta, terminal bis antar kota dan bandara untuk pulang ke kampung halaman. Pulang bertemu keluarga, berkumpul dengan handai taulan menjadi momen yang dinanti setiap tahun.

[caption id="attachment_131605" align="aligncenter" width="300" caption="suasana lengang jl Thamrin dan Sudirman di hari pertama lebaran tahun 2010"][/caption]

Ketika Jakarta ditinggal pergi oleh kaum pendatang, kini giliran warganya menanti saat yang tepat untuk menikmati kotanya sendiri. Berangkat kerja tidak perlu mengejar bis kota yang sudah penuh, tidak perlu antri berjam-jam karena terjebak macet, bisa mendapatkan bangku di bis karena penumpangnya berkurang sehingga kaki dan tangan tidak pegal berdiri dan gelantungan dari naik hingga turun. Jalanan lengang membuat emosi agak stabil karena terhindar adu urat leher dengan pengguna jalan lainnya yang serobot sana sini.

Buat yang hendak mudik pastikan rumah anda dalam kondiri aman saat ditinggal pergi, jika ada keluarga yang tinggal di Jakarta bisa minta tolong untuk menempati sementara. Jika tidak, titip pesan kepada tetangga sekitar untuk sesekali menengok rumah anda. Berhati-hatilah di jalan, nanti saat kembali ke Jakarta jangan membawa rombongan ya ; kota ini sudah terlalu padat. Untuk yang tinggal di Jakarta karena tidak punya kampung untuk mudik atau mendapat giliran jaga kandang; walau harus bekerja ekstra karena ditinggal pembantu yang mudik jangan bersedih. Saatnya kita bergembira menikmati keindahan dan lengangnya Jakarta, tolong jaga kota ini tetap bersih, tenteram dan damai serta tetap waspada dengan lingkungan sekitar [oli3ve].

Selamat Hari Raya Idul Fitri, Minal Aidin Wal Fa Idzin




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline