Lihat ke Halaman Asli

Mengenal Metric Digital Marketing yang Wajib Diketahui

Diperbarui: 23 Oktober 2022   22:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Sebagai seorang digital marketer, banyak yang harus dipelajari dari tahap perencanaan hingga tahap evaluasi. Salah satu topik yang menjadi kekuatan pemandu dalam pemasaran digital adalah metric pemasaran digital. Seperti namanya, metric pemasaran digital adalah berbagai metric yang mengukur keberhasilan pemasaran bisnis online.

Secara umum metric dibagi menjadi 4 yaitu :

  • Website Traffic Metric: Metric ini berfokus dalam mengukur performa lalu lintas website sebagai pusat aktivitas bisnis online yang dimiliki suatu perusahaan.
  • Engagement Metric: Metric ini berguna dalam mengukur interaksi antara audiens dengan digital marketing yang dijalankan oleh perusahaan.
  • Conversion Metric: Adanya istilah conversion berarti mengukur sedikit banyaknya tindakan aktif target visitor sesuai dengan tujuan strategi bisnis yang dijalankan oleh perusahaan, misalnya membeli produk atau mendaftar member.
  • Revenue Metric: Metric ini cocok untuk menganalisa keberhasilan penjualan produk. 

Selanjutnya saya ingin menampilkan detail - detail metric yang digunakan diberbagai tools measurement digital marketing 

Revenue = Total pendapatan yang diperoleh dari aktivitas pemasaran (measurement pakai currency)
Marketing = costBiaya yang dikeluarkan untuk suatu aktivitas marketing
Reach = Seberapa banyak Orang yang melihat iklan atau konten kita
Impression = Seberapa banyak konten/iklan muncul di page atau timeline orang lain
Click = Seberapa banyak konten/iklan kalian mendapatkan klik
CTR (Click Through Ratio) = Jumlah klik yang didapat dibagi dengan seberapa banyak iklan kita tayang
CPC (Cost Per Click) = Biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan 1 klik dari iklan yang ditayangkan


Session = Aktivitas kunjungan ke suatu website dalam suatu periode tertentu
Bounce = Suatu sesi kunjungan website dimana pengunjung tidak melakukan aktivitas apapun (tidak mengunjungi halaman lain)
Bounce Rate = Presentase pengunjung yang tidak melakukan aktivitas
Conversion = Tindakan yang dilakukan konsumen yang merupakan target dari kampanye pemasaran
CAC / Cost Per Acquisition = Biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan 1 pelanggan baru
Paid CAC = Biaya untuk akuisisi pelanggan dari channel berbayar
Blended CAC = Biaya untuk akuisisi pelanggan dari channel berbayar dan organik
CR (Conversion Rate) = Presentase dari pengunjung yang melakukan suatu transaksi setelah mengklik ads
Fully loaded CAC = Biaya untuk akuisisi satu pelanggan dari channel berbayar organik dan biaya lain
Cost Per Actions = Biaya yang dikeluarkan pemasaran untuk mendapatkan 1 aksi

SAAS(Sofware as a service) = Model bisnis yang menjual layanan perangkat lunak berlisensi berbasis cloud dengan basis langganan (Spotify, Netflix dll)
MRR (Monthly Recurring Revenue) =Seberapa banyak uang yang didapatkan dari transaksi subscribe/langganan setiap bulannya
Recurring revenue margin = Presentase pendapatan yang anda ambil dari setiap langganan
Churn rate = pengguna layanan yang berhenti berlangganan produk anda dalam jangka waktu tertentu
Contribution margin = Laba kotor yang anda peroleh dari setiap penjualan / transaksi dikurangi biaya variabel yang harus anda bayarkan untuk setiap penjualan/transaksi (biaya produksi, ongkos kirim dll)


Average order value = rata-rata pemesanan
Average customer lifespan = Rata2 periode ketika pelanggan anda terus membeli/berlangganan produk/ layanan anda
CLTV (Customer Lifespan Value) = Nilai umur pelanggan anda (pendapatan) (umur berarti periode ketika pelanggan anda terus membeli produk/ layanan anda)
CLTV/CAC Ratio = Seberapa besar CLTV dibandingkan dengan CAC
Payback period = Waktu yang dibutuhkan untuk melunasi biaya akuisisi pelanggan anda
CPO (Cost Per Order) = Biaya yang anda keluarkan untuk mendapatkan satu pesanan
ROAS (Return of Ad Spending) or ROI (Return on Investment) = Jumlah pendapatan yang diperoleh untuk setiap uang yang diinvestasikan untuk biaya periklanan (Pendapatan/biaya iklan)*100
CIR or CRR (Customer Income Ratio) = Seberapa besar biaya yang dikeluarkan dibandingkan dengan pendapatan yang diterima (cost/revenue)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline