Lihat ke Halaman Asli

Digital Marketing Funnel: Pengertian dan Tahapan

Diperbarui: 23 Oktober 2022   22:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://www.campaignmonitor.com/wp-content/uploads/2019/03/EW16161_4_CampaignMonitor_DigitalMarketingFunnel_B4_Image4.jpg

AIDA adalah model pemasaran yang dapat mengidentifikasi journey yang dilalui orang dalam proses pembelian produk atau layanan.Model ini menjelaskan bagaimana pembeli melalui beberapa langkah hingga pembelian akhir.

Sebenarnya model ini merupakan model lam, namun merupakan dasar dari beberapa teori turunan seperti :

DAGMAR: (Defining Advertising Goals for Measured Advertising Results)
AIDAS: (Attention, Interest, Desire, Action, Satisfaction)
AISDALSLove: (Attention, Interest, Search, Desire, Action, Like/dislike, Share, Love/hate)

AIDA adalah akronim dari Awareness (Kesadaran/Daya Tarik), Interest (Minat), Desire (Keinginan), dan Action (Aksi). Berikut ini 

penjelasannya :

1. Awareness

Tahap pertama AIDA adalah menciptakan kesadaran dan daya tarik brand dan produk/jasa yang dijual.

Pada tahap ini, kita akan membahas tentang pentingnya mendapatkan perhatian konsumen. Tempatkan iklan Anda di tempat yang dapat dilihat banyak orang. Anda bahkan dapat menambahkan sesuatu yang provokatif untuk menarik perhatian. Personalisasi juga membantu pada tahap ini. 

Untuk membangkitkan minat konsumen, perlu untuk menangani konsumen secara individual.

Berikut pertanyaan yang dapat memudahkan memahami Awareness :

- Apa yang bisa dilakukan untuk membuat audience mengetahui keberadaan brand Anda?
- Platform atau media apa saja yang biasa digunakan oleh target audience Anda?
- Strategi outreach seperti apa yang paling cocok diterapkan oleh brand Anda?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline