Lihat ke Halaman Asli

Punya Anak di Usia 30an? Kenapa Tidak!

Diperbarui: 22 Agustus 2016   10:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Sebagai seorang wanita, mungkin kamu sudah menyadari bahwa kamu sudah memiliki 'tugas' utama, yaitu memiliki keturunan. Kebanyakan dari orang disekeliling kamu pasti sudah mengharapkan kamu memiliki keturunan sebelum usiamu menginjak usia 30an.

Pada dasarnya, semua itu hanyalah didasarkan pada hasil riset dan teori yang dipercayai orang di sekeliling kamu yang belum tentu benar pada realitanya. Nah, untuk kamu yang merasakan hal ini, kamu bisa menjelaskan nikmatnya memiliki anak di usia 30an.

1. Di usia yang matang, bimbingan untuk anak juga tidak mentah

Ada yang bilang bahwa "usia bukanlah seperti rumus matematika yang sudah jelas menentukan", tapi kedewasaan dan kesiapan yang kamu miliki ketika memiliki anak di usia 30an tidak akan bohong. Kamu jelas lebih memiliki pengalaman dan pengetahuan dari orang-orang di sekelilingmu yang lebih dulu merasakannya. Hal ini justru akan berbeda ketika kamu memiliki anak atau keturunan di usia yang cukup muda.

2. Kesiapan Mental & Fisik Jadi Modal

Ketika kamu sudah menginjak di usia 30an, tentu tidak ada lagi pemikiran bahwa kamu belum siap untuk segala sesuatunya. Bermodalkan semua hal yang sudah kamu pelajari dari orang-orang disekelilingmu kamu tentu sudah memiliki mental baja dan fisik gatotkaca untuk melalui semuanya. Tangisan bayi atau permasalahan rumah tangga tidak akan lagi jadi beban untuk kamu karena kamu sudah memiliki kunci untuk menyelesaikannya.

3. Di usia 30an, Karirmu bisa jadi sudah oke

Garis hidup seseorang memang tidak ada yang tahu, tapi umumnya, di usia 30an, kamu sudah memiliki karir yang cukup stabil dan bisa dibilang oke. Untuk itu kamu tidak perlu khawatir bagaimana mencukupi kebutuhan si buah hati, apalagi karir sang suami lebih menjulang tinggi. Secara finansial, rumah tangga kamu tidak akan goyah karena semua kebutuhan dan keinginan rumah tangga, terutama keinginan sang buah hati tercukupi dengan baik.

4. Karena punya anak di usia 30an, kamu punya banyak referensi mengurus anak

Nah, kalau kamu memiliki anak di usia 30an, bisa jadi kamu menjadi orang terakhir yang akhirnya memiliki momongan diantara teman-temanmu. Sebagai newbie soal mengurus anak, kamu tentu memiliki banyak sumber yang bisa kamu ambil dari teman,-teman atau anggota keluargamu yang sudah mengalami. Ibaratnya membentuk sebuah program komputer, kamu sudah memahami matriks yang pas untuk mencegah hal buruk terjadi pada programmu tersebut.

5. Di usia 30an, emosi pasti cenderung lebih stabil

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline