Lihat ke Halaman Asli

5 Prospek Kerja Akuntansi yang Jarang Diketahui Para Fresh Graduate

Diperbarui: 25 April 2024   15:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi uang  (pexels.com)

Mengenai prospek kerja akuntansi selalu menjadi perbincangan hangat bagi para lulusannya. Pasalnya, tidak semua alumninya sudah mengetahui tentang peluang pekerjaannya setelah menyelesaikan pendidikan. Namun, di sisi lain tidak sedikit pula para mahasiswa yang memilih untuk mengenyam pendidikan lebih tinggi dengan jurusan ini.

Ketahui Beberapa Prospek Kerja Akuntansi Untuk Para Lulusannya

Akuntansi merupakan salah satu program studi yang sangat populer dikalangan para calon mahasiswa. Jurusan ini mempelajari tentang berbagai macam prinsip akuntansi seperti keuangan, manajerial, biaya anggaran, aspek hukum, perpajakan dan masih banyak lagi.

 Berikut beberapa prospek kerja akuntansi.

1. Menjadi Seorang Auditor

Ketika sebuah perusahaan ataupun organisasi sedang berencana untuk meningkatkan kontrol terhadap keuangan, maka peran seorang auditor sangat dibutuhkan. Bisa disimpulkan bahwa tugas utama dari profesi ini adalah bertanggung jawab atas peninjauan keuangan secara akurat dan tepat.

Berprofesi sebagai auditor, Anda akan memiliki tugas untuk memastikan serta melaporkan kondisi dari sebuah perusahaan lewat sudut pandang keuangan. Perannya menjadi sangat penting karena dibutuhkan akurasi dalam mengukur kebutuhan dan disandingkan dengan anggaran biaya agar efisien.

2. Berprofesi Sebagai Financial Analyst

Menjadi financial analyst merupakan salah satu profesi yang diimpikan bagi para lulusan program studi akuntansi. Tugas dari pekerjaan ini adalah bertanggung jawab atas riset data guna mengidentifikasi peluang serta melakukan evaluasi. Hal tersebut bertujuan untuk membuat sebuah keputusan bisnis.

Financial analyst secara umum memiliki tugas yaitu melakukan pengontrolan serta pemeriksaan mengenai data keuangan. Spesifiknya ialah meneliti tentang situasi makro ekonomi hingga mikroekonomi guna memprediksi industri. Dengan begitu, akan dilakukan pengembangan sektornya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline