Lihat ke Halaman Asli

Rumah Pintar AR – Rahman #AksiBarengLazismu Sebuah Bhakti Kecil Untuk Negeri

Diperbarui: 17 Juni 2015   17:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Di mulai dari sebuah gagasan untuk keinginan kembali dan mengabdikan diri pada kota kelahiran. Dengan bekal kemampuan yang kami pelajari di bangku kuliah dan terinpirasi oleh kegiatan pembentukan karakter yang kami ikuti pada masa kuliah dulu yaitu P2KK. Kemudian berlanjut di sebuah warung kopi pinggir jalan, saat gagasan RumahPintar ini di wujudkan menjadi sebuah kenyataan, oleh satu teman kami yaitu mas Amri Rahman, beliau juga yang akhirnya mewadahi dan menyediakan tempat untuk di gunakannya kegiatan RumahPintar, dan beliau juga yg menggugah kami, dengan menyumbangkan sendiri sebuah laptop kerja kesayangannya untuk berjalannya Rumahpintar. Oleh sebab itulah kenapa RumahPintar ini kami beri nama AR-Rahman sesuai nama teman kami yang mewujudkan di bukanya RumahPintar ini, sesuai namanya AR-Rahman semoga RumahPintar ini menjadi rahmat bagi siapapun yang berkontribusi disana. RumahPintar AR-Rahman berdiri pada tanggal 20 oktober 2014, tepatnya di hari Senin yang bertempat di Jl Aiptu Mugiman, Gg Rowo no 10 koncer kidul kecamatan Tenggarang kabupaten Bondowoso Jawa Timur , di buka dengan syukuran kecil-kecilan bersama warga.

RumahPintar AR-Rahman sepenuhnya gratis. Semua program yang kami selenggrakan semua menggunakan dana pribadi yang kami dapat dari pekerjaan kami sebagai pemandu tour.
RumahPintar AR-Rahman didirikan dengan tujuan untuk memberikan pelatihan softskill dalam beberapa keahlihan yg dibutuhkan untuk memasuki kualitas dunia kerja yang semakin bersaing, sehingga tidak hanya mampu menjadi individu yg aktif dan progresif tp juga diharapkan mampu menjadi seorang enterpreneur yang mampu membuka lapangan pekerjaan dan mampu bersaing di indonesia dan dunia. Dengan fokus pada pemantapan keahlian menguasai komputer dan kemampuan bahasa inggris yang mumpuni. Disamping itu kami juga membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar. Karena dalam pengamatan kami beberapa siswa SD masih belum mampu untuk membaca dengan baik dan benar. Hal ini kami lakukan sesuai visi dan misi kami antara lain :
Misi : Membangun masyarakat byang cerdas, peduli dan mandiri demi terwujudnya hubungan social yg dinamis yang berorientasi pada regenerasi
Visi :
1. Memberikan pembelajaran computer untuk usian dini dan remaja
2. Membuka wawasan anak didik melalui pembelajaran internet
3. Memberikan pendampingan mata pelajaran sekolah pada semua tingkatan pendidikan
4. Menciptakan suasana belajar bahasa inggris sebagai sebagai bahasa internasional
5. Memberikan pelatihan softskill untuk menambah keahliyahn masyarakan secara specific
6. Meningfkatkan sumber daya manusia yang aktiv dan progresif
7. Memberikan pelatihan usaha dengan menggandeng pelaku usaha kecil dan menengah

Dengan semangat Berkarya Akhirat untuk Dunia, kami menarik minat pemuda pemudi yang memiliki potensi dan kompetensi untuk ikut bergabung dan menyumbangkan sebagian ilmu dan pengalaman untuk mengabdi bersama kami, khususnya di dunia pendidikan.

Hingga saat ini Rumahpintar sudah berjalan kurang lebih selama 1 bulan dan sudah memiliki siswa tetap sebanyak 20 siswa dan 4 Guru pembimbing yg siap memberikan bekal berupa softskill pada semua siswa yg bersedia dan ingin belajar bersama kami. Diantaranya 2 guru Ikom(Ilmu Komputer), 1 guru Bahasa Inggris dan 2 Pendamping Bimbingan PR. Kami juga menyediakan perangkat pembelajaran yang berupa 4 buah laptop yang Insyaallah dalam waktu dekat akan kami tambah menjadi 7 laptop, selain laptop kami juga menyediakan OHP (Over Head Projector) dan papan tulis sebagai media pembelajaran untuk membantu mempermudah pembimbing memberikan pelatihan kepada siswa. Kami juga memfasilitasi siswa untuk mencetak tugas-tugas sekolah mereka dalam bentuk hardcopy(PRINTING).

Pembelajaran Ilmu komputer yang kami berikan menggunakan pengalaman kami sebagai seorang sarjana komputer yang sedikit banyak mengetahui tentang ilmu komputer itu sendiri. Sehingga dengan pengalaman dan ilmu yang kami peroleh, kami menyederhanakan sistem pembelajaran yang kami dapat di bangku perkuliahan agar sesuai dengan minat dan bakat siswa. Kami mengelompokan siswa tidak berasal dari usia dan kelas, melainkan dengan minat dan kemampuan yang mereka miliki, sehingga mereka mampu dan suka dalam mempelajari komputer tersebut. Seperti siswa yg berminat akan seni maka akan kami arahkan dan juruskan ke arah Design Grafis seperti Photoshop dan CorelDraw. Untuk siswa usia TK kami hanya memperkenalkan komputer sebagai sarana bermain, yang kami harap mereka suka dan akrab terlebih dahulu, sehingga ketika mereka sudah mengenal kami mudah untuk mengajarkan ilmu komputer kepada mereka.

Di RumahPintar AR-Rahman membentuk karakter dan sikap kepemimpinan sejak dini melalui Program Pelatihan Kepemimpinan dan Pembentukan Karakter Sejak Dini atau (P2KPKD) itu menjadi salah satu hal yang sangat penting. Program ini bertujuan membentuk dan melatih anak-anak usia sekolah untuk memiliki sikap kepemimpinan, karakter dan tanggung jawab sejak dini. Dengan Proses yang kami sederhanakan sehingga sesuai dengan usia mereka. Diharapkan dengan adanya program ini kami mampu membentuk jiwa kepemimpinan pada anak sejak dini dan membantu orang tua menentukan minat dan bakat anak sehingga mudah untuk di kembangkan. Hinnga akhirnya dapat membentuk pribadi yang tidak hanya tangguh tapi memiliki sikap kepemimpinan, karakter yang kuat dan kesadaran dalam membangun daerah sekitar mereka menjadi lebih baik Dengan adanya program #aksibarenglazismu kami berharap tujuan mulia kami dapat terealisasikan, sehinnga regenerasi yang kami impikan menjadi kenyataan.

Jika kita melihat tayangan media beberapa hari ini, Presiden kita yang baru bapak Jokowi tampil memukau dengan bahasa inggris yang simple dan baik dalam mennyampaikan pidato kenegaraannya dalam pertemuan APEC. Dari hal itu kami ingin mendidik siswa kami agar mampu berbahasa inggris baik dan benar tanpa harus merasa kesusahan dalam belajar, di metode ini kami terinpirasi dari lembaga pembelajaran Pare, Kediri, dengan membagi pelajaran bahasa inggris menjadi 3 sub yaitu SPEAKING, WRITING dan GRAMMAR. Kami harapkan dengan ini siswa kami dapat berbicara dalam bahasa inggris sama baiknya dengan saat menulis dalam bahasa inggris.

Ada sebuah kata – kata bijak ilmu tanpa agama pincang, agama tanpa ilmu buta, maka dari itu kami tidak hanya memberikan ilmu sebagai bekal hidup dan berkarya tapi kami juga memberikan pendidikan agama yg kami sisipkan diantara setiap ilmu yang kami ajarkan. Kami juga mewujudkan dengan menjadwal sholat berjamaah setiap minggunya dan memberikan tontonan tentang agama yang kami pilihkan dari beberapa sumber terpercaya. Kami mengulasnya dengan gaya dan cara yang kreatif agar mudah di mengerti dan di pahami siswa. Sehingga pada akhirnya tercipta generasi tidak hanya mahir secara Iptek tapi juga secara Iptaq.

Kami tergugah saat melihat sendiri adik – adik yang sudah memasuki usia sekolah dasar ternyata masih terdapat beberapa murid yang belum lancar membaca, menulis dan berhitung (perkalian dan pembagian). Karena itu, kami secara intensif memberikan bimbingan PR disertai cara membaca dan menulis yang baik dan benar kepada adik – adik agar mereka dapat lancar membaca, menulis dan berhitung, dengan harapan agar adik – adik menjadi murid yang dibanggakan oleh orang tua dan juga guru mereka. Ada pepatah yang mengatakan, “Bukankah tangan diatas lebih baik daripada tangan dibawah?” Karena dengan menolong, tidak akan mengurangi rezeki kita. Kami memberikan pengajaran dan pemahaman secara santai dan tidak monoton agar adik – adik tidak merasa bosan dan juga malu untuk belajar bersama di RumahPintar AR-Rahman.

Dalam program bimbingan PR kami menghindari cara pembelajaran konvensional yang kami anggap tidak sesuai dengan kondisi saat ini, cara belajar seperti itu hanya akan melahirkan manusia terdidik dengan intelektual statis dan kurang kreatif. Terutama saat ini dengan kurikulum 2013 yang kami lihat dari siswa kami yang mengalami banyak kesulitan dalam mengerjakan tugas sekolahnya. Dengan adanya program ini kami menanamkan kepada adik – adik tentang kebersamaan dan kepedulian terhadap sesama terutama kepada teman – temannya sendiri, program bimbinmgan PR juga memberikan semangat baru bagi adik – adik agar dapat lebih kreatif lagi dan juga memupuk rasa kepercayaan diri mereka agar nantinya tidak merasa kesulitan setiap memiliki tugas sekolah, karena kami memfasilitasi berupa laptop dan internet gratis untuk mereka gunakan dalam pengerjaan tugas sekolah mereka.

Tidak hanya berhenti disitu saja tetapi kegiatan RumahPintar AR-Rahman kedepannya juga akan memberikan sebuah keterampilan kepada pemuda dan pemudi untuk mengasah kreatifitas dan bakat kemampuan yang mereka miliki dalam bidang enterprenuer dengan memberikan seminar pelatihan Instalasi software dan Reparasi Hardware. Dengan begitu di RumahPintar AR-Rahman Pemuda dan pemudi tidak hanya dapat belajar tetapi juga dapat mengasah minat dan bakat mereka disini dengan cara menghasilkan suatu yang dapat menaikan derajat mereka kelak.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline