Lihat ke Halaman Asli

Sariawan Vs Diet

Diperbarui: 24 Juni 2015   00:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kalo cerita tentang ini rasanya pengen ketawa sambil nangis. Disaat orang-orang terdekat aku sering banget sariawan, aku malah berdoa biar bisa sakit sariawan, nah loh aneh kaan. Waktu aku SMP aku mulai sadar dengan bentuk tubuh yang ideal, pengen banget bisa langsing kaya temen-temen secara badan aku itu berisi read gemuk haha. Setelah cari tau tips-tips diet, maka misi pun dimulai gimanapun caranya aku pengen banget langsing. Bermacam-macam cara pun dilakukan (kaya lagu dangdut, hihi) tapi gak berhasil juga nurunin berat badan, soalnya aku masih sering banget tergoda dengan yang namanya camilan, apalagi liat makanan yang enak-enak nafsu aja bawaannya.

Waktu itu temen deket aku ulang tahun, inget banget deh ditraktir makan seafood, temen aku si Septi diem aja ga makan, heran dong padahal dia hobi makan tapi mendadak diam seribu bahasa. Aku mulai merhatiin si Septi yang sering banget meringis sambil sesekali nelen ludah liat makanan di meja. Usut punya usut ternyata dia lagi sariawan, ya ampun sariawan kok sampai begitunya aku fikir. Si Septi tuh sampe pulang ga nyentuh makanan sama sekali, perih katanya, ngomong aja irit banget, sekalinya ngomong banyak diketawain soalnya dia mendadak jadi cadel. Baru tau ternyata efek sariawan tuh sampai begitu banget yah, bisa sampai ngilangin mood makan, padahal segala upaya udah aku lakuin, masih belum bisa nahan nafsu makan yang memuncak.

Sepulangnya dari seafood itu kok jadi kefikiran terus yah sama si sariawan, aku belum pernah ngalamin sariawan soalnya. Nah herannya sempet gitu yah kefikiran pengen ngerasain sariawan, kali aja bisa buat aku ga nafsu makan juga. Mulai penasaran deh sama si sariawan, mulai cari-cari informasi ke mama aku, tanya-tanya tentang gimana rasanya sariawan, ternyata beneran gitu efeknya bikin ga nafsu makan, dan males ngomong. Dengan semangat membara akhirnya aku mutusin pengen sakit sariawan, aku fikir waktu itu lumayan lah bisa bikin gak nafsu makan, siapa tau bisa langsing, selain itu bisa puasa ngomong kan, lumayan ngurangin dosa ngegosip sama teman-teman haha.

Besoknya mulai tanya-tanya ke Septi, apa penyebab dia sariawan? Informasi yang aku dapet dia itu suka sariawan karena waktu tidur yang kurang, dan sering makan yang panas dan pedes. Septi itu suka banget makan bakso yang pedesssss bangeett mungkin karena itu juga kali ya. Besoknya aku suka banget tuh makan yang pedes-pedes. Tapi si sariawan masih belum dateng juga, entah kebetulan atau apa pas lagi makan bakso gak sengaja lidah aku kegigit pas lagi ngunyah. Ya ampun sakitnya luar biasaa, sampai netesin air mata waktu itu. Nah setelah lidah kegigit itu besoknya masih berasa perih dan jadi sariawan di lidah. Itu pertama kalinya ngerasain sensasinya sariawan, satu dua hari masih menikmati hilangnya nafsu makan karena sariawan. Tapi lama-lama merasa tersiksa banget, kalau temen-temen makan aku cuma bisa nelen ludah, jadi males ngomong soalnya perih banget kalo kesenggol sariawannya. Berhubung aku masuk tim paduan suara, sariawan itu mengganggu banget pas lagi nyanyi, boro-boro nyanyi deh ngomong aja nyiksa banget.

Akhirnyaa nyerah deh sama si sariawan, aku mulai ngeluh ke mama dan minta dicariin obat supaya sembuh. Mama biasa  sembuhin sariawan pake daun saga, obat-obatan tradisional, awalnya aku nolak abis baunya aja gak enak banget, daun saganya di remas-remas terus ditempelin ke sariawannya, terpaksa deh nurut biar sembuh. Dua kali diobatin pake daun saga itu akhirnya sembuh. Seneng banget pas udah sembuh berasa nyaman banget, bisa makan, bisa ngomong seperti biasa.

Ternyata walau terlihat sepele, tapi sariawan itu beneran ga enak banget rasanya. Tapi setelah itu aku jadi suka sariawan sampai sekarang, kalau udah kambuh sariawannya diobatin pake daun saga aja, karena keseringan sariawan jadi nanem pohon saga di depan rumah, biar gampang kalo pas lagi sariawan. Tapi baru berapa hari yang lalu nyobain minum kuldon, dan sembuh loh jadi praktis banget deh buat orang yg sering sariawan kaya aku. Dan ternyata kuldon itu terbuat dari bahan-bahan herbal dan salah satunya itu daun saga, waah pantess mujarab, hehe. Terima kasih Kuldon. ^_^




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline