Lihat ke Halaman Asli

Apa Itu Real Food dan Mengapa Lebih Sehat?

Diperbarui: 17 Oktober 2024   14:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Real food merupakan makanan alami yang minim proses pengolahan. (Foto: Freepik)

Istilah real food mungkin belum cukup populer di kalangan masyarakat. Bagi sebagian orang, real food dianggap identik dengan makanan alami. Memang tidak salah. Namun, konsep real food lebih dari itu.

Konsep real food merujuk pada makanan alami yang minim proses pengolahan. Dalam artian, proses pengolahan makanan dilakukan seminimal mungkin sesuai dengan kebutuhan. Hal ini untuk meminimalkan hilangnya kandungan gizi dalam makanan tersebut.

Lantas, apa saja contoh real food? Mengapa real food lebih sehat? Apa saja manfaatnya?

Apa Itu Real Food?

Real food bisa diartikan sebagai makanan sehat. Konsep real food dapat dimulai dengan penggunaan bahan-bahan makanan yang dibudidayakan secara organik seperti beras organik, buah-buahan organik, sayuran organik, telur organik, daging organik, dan susu organik.

Real food mengandung nutrisi penting untuk metabolisme tubuh. Makanan ini juga tidak mengandung komponen berbahaya, toksik, atau tidak berguna bagi tubuh. Karena minim proses pengolahan, real food lebih menyehatkan bagi manusia, lingkungan, maupun perekonomian masyarakat lokal. Hal ini karena real food dihasilkan secara lokal, mudah diperoleh, dan terjangkau oleh masyarakat.

Real food menjadi pilihan yang lebih sehat daripada makanan olahan. Mengonsumsi real food merupakan salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Mengapa Harus Real Food?

1. Nutrisi Lebih Optimal

Real food atau makanan sehat yang minim proses pengolahan memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Makanan ini kaya akan vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Ini lebih sehat dibandingkan makanan olahan yang telah melalui proses industri dan sering kali mengandung bahan tambahan.

2. Rendah Gula

Secara umum, makanan alami cenderung lebih rendah gula tambahan dibandingkan makanan olahan. Hal ini tentu baik bagi tubuh untuk mengurangi risiko obesitas, diabetes, dan penyakit jantung. Meskipun buah mengandung gula, makanan ini jauh lebih sehat dibandingkan makanan olahan.

3. Menurunkan Risiko Penyakit

Mengonsumsi real food secara teratur dapat menurunkan risiko penyakit kronis seperti diabetes, penyakit jantung dan kanker. Makanan sehat seperti sayuran hijau, kacang-kacangan, jagung, dan tomat dapat menurunkan gula darah.

Kandungan nutrisi seperti antioksidan, magnesium, dan lemak sehat dalam real food juga sangat mendukung kesehatan jantung. Nutrisi yang seimbang dari makanan sehat juga mendukung kesehatan dalam jangka panjang.

4. Menjaga Berat Badan Ideal

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline