Lihat ke Halaman Asli

Hidup Tanpa Smartphone, Ketinggalan Zaman atau Kenyamanan?

Diperbarui: 14 Agustus 2024   15:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisakah kita hidup tanpa smartphone? Foto: Kompas.com

Pernahkan Anda membayangkan bagaimana hidup tanpa smartphone? Lalu, bagaimana jika manusia hidup tanpa smartphone di era digital sekarang?

Smartphone sudah menjadi "sahabat" manusia yang tidak terpisahkan dari kehidupan modern. Hampir semua aktivitas kita, dari bangun tidur, bekerja, hingga bersosialisasi melibatkan ponsel pintar.

Lantas, bagaimana jika kita mencoba hidup tanpa smartphone? Apa kita akan ketinggalan zaman atau malah merasa nyaman?

Ketika Hidup Tanpa Smartphone

Sebelum era smartphone, orang-orang lebih sering berkomunikasi secara langsung. Saat itu telepon rumah menjadi alat komunikasi utama untuk saling berkabar dengan kerabat atau teman. Dengan begitu, komunikasi menjadi lebih personal.

Orang-orang juga lebih banyak menghabiskan waktu di luar ruangan bersama teman-teman sebagai hiburan di zaman dulu. Waktu luang yang ada dimanfaatkan untuk mengembangkan hobi dan bakat seperti bermain musik, melukis, memasak, dan berkebun.

Seiring waktu, teknologi semakin berkembang. Smartphone berubah menjadi lebih dari sekadar alat komunikasi. Smartphone bisa digunakan untuk menelepon, berkirim pesan, bermain game sederhana, dan mendengarkan musik.

Kini, smartphone telah berevolusi menjadi pusat dari segala aktivitas. Kehadiran smartphone telah membawa revolusi besar dalam cara kita hidup. Salah satu hal yang paling terasa adalah kita bisa terhubung dengan orang-orang di seluruh dunia kapan saja dan di mana saja.

Selain itu, adanya akses internet membuat segala informasi mudah diakses dengan cepat. Banyak aktivitas yang sebelumnya harus memakan waktu lama, kini bisa diselesaikan dengan lebih cepat.

Fungsi smartphone terus berkembang. Kita mulai merasakan kemudahan yang ditawarkan smartphone dari membeli barang, memesan makanan, antar-jemput, hingga mengatur jadwal. Adanya pembayaran digital dan layanan online lainnya juga semakin memudahkan dalam aktivitas sehari-hari.

Tidak hanya itu, smartphone semakin dilengkapi dengan fitur-fitur terbaru dengan kemampuan tinggi. Layaknya "sahabat", smartphone bisa menjadi teman saat belajar dan sumber hiburan dengan adanya berbagai macam aplikasi dan game.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline