Lihat ke Halaman Asli

Memanfaatkan Peluang dari Pariwisata

Diperbarui: 5 Februari 2017   12:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Memanfaatkan Peluang dari Pariwisata

Pariwisata sangat berperan dalam membangun perekonomian suatu negara. Maka tidak heran jika setiap negara akan berlomba-lomba mempromosikan pariwisata negeri setempat demi kemajuan ekonomi. Selain menghasilkan devisa yang besar bagi negara, pariwisata juga memberikan manfaat lain dari sisi sosial budaya, lingkungan hidup, ilmu pengetahuan, hingga lapangan kerja.

Indonesia mungkin bisa belajar dari Jepang dalam pengembangan pariwisata. Dalam kunjungan ke Jepang beberapa waktu lalu bersama Japan National Tourism Organizatiton (JNTO) dan Garuda Indonesia, saya melihat bagaimana Jepang sangat fokus pada pengembangan pariwisatanya.

Negeri yang memiliki empat musim, yakni musim semi, musim panas, musim gugur, dan musim dingin terus mempromosikan dirinya sebagai negara dengan tujuan wisata terbaik sehingga berdampak pada kemajuan ekonomi. Tercatat, pada periode Januari hingga Oktober 2016 tercatat sudah 20 juta wisatawan ke Jepang. Jumlah ini pun terus meningkat dan ditargetkan pada tahun 2020 mencapai 40 juta wisatawan.

Sejumlah tempat baru akan diperkenalkan sebagai tempat tujuan wisata. Jepang pun menargetkan beberapa negara sebagai pasar utama, mulai dari Asia, ASEAN, Eropa, Amerika, hingga Rusia. Indonesia merupakan salah satu sasaran penting bagi pariwisata Jepang.

Seperti kita ketahui, banyak orang yang tertarik dengan budaya dan tempat bersejarah di Jepang mulai dari cara makan, kuil, pakaian tradisional, festival, kesenian, anime, dan masih banyak lagi. Untuk festival tentu setiap musim berbeda-beda. Hal itulah yang menjadi salah satu daya tarik Jepang.

Selain itu, karena Jepang memiliki  4 musim maka setiap tempat wisata akan menyajikan pemandangan yang berbeda-beda setiap musimnya. Jepang pun menyajikan berbagai tempat wisata khusus yang menarik dikunjungi setiap musimnya.

Jepang sangat maju dalam pembangunan infrastruktur. Terlihat dari sejumlah tempat wisata yang sangat mudah diakses mulai dari jalanan hingga transportasi yang memadai. Bahkan di beberapa tempat telah menyediakan brosur berbahasa Inggris dan Jepang lengkap dengan peta dan akomodasi yang bisa ditempuh.

Tidak jauh dari tempat wisata, selalu ada sebuah toko souvenir yang menjual pernak-pernik khas setempat. Pengunjung yang datang pun bisa beristirahat sambil memilih oleh-oleh mana yang bisa dibawa pulang. Dinas Pariwisata Jepang pun tidak henti melakukan riset mengenai destinasi wisata favorit turis mancanegara hingga kuliner Jepang.

Berbicara mengenai Tanah Air, Indonesia terlahir dengan bentang alam yang sangat indah. Mulai dari lautan hingga puncak gunung semua menyajikan wisata alam yang beragam. Namun pengembangan wisata Indonesia cenderung tertinggal jika dibandingkan dengan negara lain.

Beberapa tahun terakhir pengembangan wisata Indonesia terus digalakan. Target kunjungan wisatawan mancanegara terus ditingkatkan. Pembangunan infrastruktur seperti jalan, pelabuhan, dan bandara untuk menunjang sektor pariwisata terus digenjot.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline