Lihat ke Halaman Asli

Membangun TNI AD yang Kuat

Diperbarui: 16 Maret 2017   11:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Untuk menjadikan negara kuat dalammembangun TNI AD yang kuat tentunya harus memiliki kriteria yang wajib dimiliki. Salah satu kriteria itu menurut Letjen TNI Syafri Samsoeddin dalam berbagai tulisan mengatakan bahwa salah satu syarat agar TNI AD menjadi kuat salahsatunya harus melakukan  penataan organisasi. Penataan organisasi harus dikelola secara modern sehingga efisien dan efektif di dalam melaksanakan tugas pokoknya. 

Salah satu ciri organisasi modern, antara lain adalah ramping strukturnya tetapi kaya fungsinya, sehingga pelaksanaan tugas dapat dilakukan secara efektif dan cepatdi dalam merespons tugas-tugas yang sifatnya penuh dinamika, yang ditunjang dengan tersedianya alutsista, sarana dan kesejahteraan personel yang memadai. 

Organisas iyang ramping struktur dan kaya fungsi, harus diawaki oleh personel yangmemiliki kompetensi memadai sesuai tuntutan tugasnya. Hal itu berarti TNI ADharus memberikan perhatian yang besar pada masalah kualitas manajerial danpeningkatan profesionalitas prajuritnya.            

Dengan demikian tidak ada alasan lagi bahwa ke depan, para perwira TNI AD, tidak hanyamahir dibidang teknis kemiliteran, tetapi juga memiliki pengetahuan umum yang memadai, termasuk kemutlakan untuk menguasai pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Perwira pada strata perwira pertama punya kualitas teknis-taktis dan administrasi, danpada strata perwira menengah mulai menggeluti masalah strategi baik militermaupun pertahanan, dan pada saatnya sebagai perwira tinggi ia menjadi “developer” dari “military and defence policy”. 

Pemikiran Letjen TNI Sjafrie Sjamsoeddin menegaskan bahwa tuntutan bagi prajurit TNI untuksenantiasa mengembangkan diri dari aspek intelektualitas disampingkualitas militansi pengabdian. Mengapa? Karena, setiap prajurit TNI AD di dalammelaksanakan tugasnya, sangat bersinggungan dengan masyarakat yang kini sudahmengalami kemajuan yang bisa jadi tingkat kemajuannya lebih jauh dari tingkatkemajuan yang dialami para prajurit TNI AD khususnya, para perwira padaumumnya, sebaliknya prajurit harus mampu menangkal distorsi terhadap jatidirinya sebagai prajurit.            

Oleh karena itu kita berharap bersama bahwa untuk mewujudkan keinginan seperti itu,maka TNI AD sudah menyusun perencanaan penataan menjadi TNI AD yang kuat,modern dan efektif dalam kerangka MEF, dengan menyusun peta jalan atau road map yang dilaksanakan secara bertahap dankonsisten tanpa mengesampingkan kemungkinan ada penyempurnaan karena adanyaperubahan dinamika perkembangan situasi.            

Sebagaimana diketahui bahwa TNI AD yang kuat, modern dan efektifdi dalam melaksanakan tugas, secara otomatis akan memudahkan bagi TNI AD untukmelaksanakan tugas pokok, sebagai bagian dari tugas sebagai garda nasional atau national guardian di dalam menjaga dan mengawal bangsaIndonesia, yang kini dalam proses pembangunan bangsa yang demokratis, beradabdan berupaya mempercepat pemerataan kesejahteraan bagi seluruh rakyat danwilayah Indonesia. 

Dengan dapat menjalankan tugasnya, baik tugas OMP (Operasi Militer Perang) maupuntugas OMSP (Operasi Militer Selain Perang) dengan baik, maka keberadaan TNI ADakan sudah pasti akan   dicintai rakyat.Karena keberadaan TNI AD sangat dinantikan dan menyatu menjadi bagian yangtidak terpisahkan dalam kehidupan bangsa. Maka ke depan, TNI AD akan memilikiwibawa dan disegani rakyat karena keberadaannya dapat betul-betul memberikanperlindungan dan pengayoman untuk menjaga bangsa ini berkembang dan maju sesuaikehendak bersama menuju cita-cita bangsa.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline