Lihat ke Halaman Asli

Okti Nurdianti Akmah

Universitas Negeri Semarang

Pengabdian Mahasiswa FBS UNNES: Tingkatkan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar dengan Teknik Membaca yang Tepat

Diperbarui: 27 Oktober 2024   18:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Dokumen Pribadi (Penyerahan poster kepada guru SDN Ngijo 02) 

Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang menyelenggarakan program "Penerjunan Mahasiswa FBS UNNES Mengabdi" untuk mahasiswa semester 3 angkatan 2023. Program ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan soft skill mahasiswa dalam bidang bahasa dan seni serta memberikan dampak positif bagi masyarakat di sekitar kampus. Kegiatan ini dilaksanakan di lima kelurahan, di mana mahasiswa dibagi menjadi kelompok kecil sesuai dengan program studi masing-masing. Setiap kelompok diberi tugas untuk mengabdi di wilayah yang telah ditentukan dengan memilih salah satu mitra, seperti SD, TPQ, PKK, Karang Taruna, atau UMKM. Melalui kegiatan ini, mahasiswa memiliki kesempatan untuk mengaplikasikan pengetahuan yang mereka peroleh di kampus serta mengembangkan keterampilan sosial yang akan berguna di masa depan.

Pada hari Rabu (9/10/2024), kelompok 4 dari program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia melakukan observasi di SDN Ngijo 02 sebagai mitra. Kami mewawancarai salah satu guru di sekolah tersebut untuk menggali kebutuhan dan kondisi yang sedang dihadapi. Setelah melakukan observasi, kami menganalisis informasi yang diperoleh dan merumuskan permasalahan tersebut dengan merancang produk pengajaran yang relevan. Hasilnya, kami menciptakan sebuah produk berupa poster berjudul "Cara Membaca yang Baik dan Benar". Poster ini dirancang dengan tujuan untuk memberikan panduan yang mudah dipahami siswa sekolah  dasar dalam meningkatkan keterampilan literasi membaca.

Pengajaran literasi membaca dengan memperkenalkan teknik membaca yang tepat ini merupakan sebuah langkah awal untuk membekali siswa dengan keterampilan dasar dalam memahami dan menganalisis teks. Dengan mengajarkan teknik membaca yang efektif, siswa dapat belajar cara memahami isi bacaan dengan lebih baik, mengenali struktur teks, serta mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Selain itu, teknik membaca yang tepat juga membantu siswa menemukan kebiasaan membaca yang menyenangkan, mendorong mereka untuk lebih aktif dalam menjelajahi dunia literasi.

Setelah poster selesai dibuat, kelompok kami melakukan penyerahan kepada pihak sekolah dan mengadakan sosialisasi pada hari Senin (21/10/2024). Kami mempersentasikan poster yang telah dibuat secara langsung kepada siswa kelas IV. Dalam sosialisasi yang bersifat interaktif ini, kami memberikan pengajaran mengenai teknik-teknik yang perlu diperhatikan saat membaca meliputi pahami isi bacaan, posisi tubuh saat membaca, perhatikan tanda baca dan intonasi, serta pilihlah tempat yang nyaman untuk membaca.

Selama kegiatan, pengajaran ini tidak hanya fokus pada teknik membaca, tetapi kelompok kami juga menyampaikan informasi penting seperti menjelaskan definisi literasi, manfaat membaca, pembacaan cerita dongeng, sesi tanya jawab untuk mengasah pemahaman siswa serta mengajak mereka untuk berdiskusi tentang buku yang telah mereka baca. Selain itu, siswa juga diperkenalkan pada buku-buku literasi yang sesuai dengan usia mereka untuk membangkitkan minat baca. Hal ini bertujuan untuk membangun kebiasaan membaca yang baik dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis mereka.

Dengan adanya  kegiatan pengabdian FBS ini, diharapakan dapat menjadi langkah positif dalam upaya meningkatkan literasi membaca di SDN Ngijo 02 serta mengembangkan kemampuan membaca mereka sekaligus menumbuhkan kecintaan terhadap literasi.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline