Lihat ke Halaman Asli

oktavila sofianing

Mahasiswa IAIN jember

Keutamaan Seorang Guru

Diperbarui: 14 April 2020   19:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Islam meletakkan martabat seorang guru ditempat yang sungguh mulia, Al-ghozali mengatakan bahwa siapa yang memilih pekerjaan mengajar ssesungguhnya ia telah memilih pekerjaan yang sangat mulia,karena dengan profesi guru ini sama hal nya kita mengabdi kepada sekolah untuk medidik putra putri masyarakat.

Allah swt menjadikan guru sebagai penawar kebodohan,Allah SWT berfirman" maka bertanyalah kepada orang yang berilmu jika kamu tidak mengetahui"  dari ayat ini kita memahami bahwa seorang guru adalah sumber ilmu yang menjadikan seseorang yg tidak tau menjadi tau,yang sudah tau menjadi paham, yg sudah paham bisa mengamalkannya. 

Allah SWT ingin menyembuhkan penyakit-penyakit kebodohan yang melanda masyarakat. Rosulullah SAW bersabda bahwa " ketika guru orang-orang yang berilmu banyak yang wafat maka itu adalah tanda-tanda kiamat. 

Rosulullah SAW bersabda  " sesungguhnya allah tidak akan mencabut ilmu dari pada hambanya,tetapi akan mencabut ilmu dengan cara mewafatkan para ulama' sehingga bila tidak ada seorang pun ulama' manusia akan menjadikan orang-orang bodoh menjadi pemimpin lalu mereka ditanya menjelaskan tanpa berilmu dia  sesat dan disesatkan oleh orang lain. 

Bahwa keberadaan seorang guru sangat dibutuhkan  tentu saja guru yang baik  guru yang menjadi ukhuwah yang menjadi teladan yang menyampaikan ilmu dengan baik itulah guru yang menjadi penawar kebodohan.

Allah swt mengangkat derajat para guru, Allah SWT berfirman "allah mengangkat orang-orang beriman  dan orang-orang berilmu pengetahuan diantara kalian" Nabi Muhammad SAW  juga memberikan sebuah kabar gembira tentang keutamaan diri seorang guru nabi Muhammad SAW bersabda "seseungguhnya keutamaan orang yang berilmu atau orang yang ahli iba dah adalah seperti pula keutamaan malam pertama purnama untuk semua bintang ini manjadi sebuah level tersendiri bagi seorang guru, jika saat ini masih ada yang merasa kurang yakin, kurang tepat menjadi guru dan kurang PD (Percaya Diri) maka ubahlah fikiran tersebut.karena Allah SWT telah mengangkat derajat dari orang-orang yang berilmu pengetahuan yang salah satunya adalah profesi seorang guru.

Bahwa profesi guru  merupakan profesi yang bemulti pahala sabda Nabi " jika manusia itu meninggal maka terputus semua amalnya kecuali 3 perkara yaitu sedekah jariyah,ilmu yang bermanfaat,anak sholeh yang  mendoakan kedua orang tuanya. Dari sini kita bisa mengetahui bahwa salah satu amal yang tidak akan terputus adalah ilmu yg bermanfaat dan inilah salah satunya ada pada dalam profesi guru yang setiap harinya mengabdi di sekolah,setiap hari mengajar, setiap  waktu mentransfer ilmu ini adalah infesti yang luar biasa.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline