Lihat ke Halaman Asli

Aku adalah Aku, Bukan Mereka atau Dia

Diperbarui: 22 Mei 2024   05:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

www.Aku.com

Sering kali pandangan seseorang tentang Aku yaitu diriku sendiri menjadi Besar dan Luas dengan menjadikan orang lain sebagai skala perbandingan. Sebelum membandingkan Aku tahukan kalian siapa Aku? Aku adalah Aku, Bukan Mereka ataupun Dia. 

Kalimat tersebut benar untuk diungkapkan dimana banyak seseorang beranggapan bahwa Aku dapat disamakan dengan mereka ataupun dia. Perlu dipahami dan dimengerti bahwa setiap insan manusia memiliki keterbatasan dan kelebihan masing-masing, begitupun dengan kemampuan dan kecerdasan yang dimiliki. 

Ketika seseorang memandang dan menyamakan Aku dengan Mereka yang lebih diatasku sebenarnya merekalah yang belum memahami dan mengertiku. Maka, kenali sebelum membandingkan dan mendefinisikan Aku. 

Ilmu memahami dan mengerti seseorang perlu  Diterapkan mulai sekarang sebelum budaya patriarki menjadikan seseorang sebagai skala perbandingan semakin berkembang. 

Pemahaman kepada seseorang tentang perbedaan setiap insan manusia perlu diperjelas dan disosialisasikan, karena apa? Negara yang Maju negara yang mampu menghargai dan menghormati setiap perbedaan yang ada tanpa membandingkan dan menjadikan standar dari beberapa individu. 

Maka pentingnya ilmu saling memahami dan mengerti dalam kehidupan sosial bermasyarakat, sebelum salah menghakimi dan mengucapkan sesuatu yang melukai hati seseorang. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline