Lihat ke Halaman Asli

Pelatihan Penyusunan Artikel Ilmiah pada Jurnal Sinta bagi Guru SMP N 1 Malang

Diperbarui: 23 Agustus 2024   18:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Tim Pengabdi

SDGs Pendidikan yang Berkualitas – Kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh dosen Universitas Negeri Malang bertema “Pelatihan Penyusunan Artikel Ilmiah pada Jurnal Sinta bagi Guru SMP N 1 Malang” menjadi penggerak bagi guru SMP N 1 Malang untuk meningkatkan profesionalismenya terutama dalam publikasi ilmiah pada jurnal Sinta. Kegiatan ini diketuai oleh Dr. Oktaviani Adhi Suciptaningsih, M.Pd (dosen S2 Pendidikan Dasar), dengan anggota tim pengabdi: Khusnul Khotimah, S.Pd, M.Pd (dosen PGSD), Dr. Mardhatillah, S.Pd.I, M.Pd (dosen S3 Pendidikan Dasar) dan Dr. Muhibuddin, M.Pd (dosen TEP). Masing-masing pengabdi menyampaikan materi sesuai dengan kepakarannya masing-masing. Topik yang diangkat adalah mengenai “Artikel Ilmiah: Konsep, Komponen dan Manfaat“, “Jurus Jitu Menyusun Artikel Jurnal Sinta”, dan “Sitasi dan Plagiasi di Era Digital”. Kegiatan pengabdian dilakukan pada hari Kamis, 15 Agustus 2024 di aula SMP N 1 Malang, dengan peserta semua guru SMP N 1 Malang yang berjumlah 42 orang guru.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan termasuk dalam SDGs yang keempat yakni Pendidikan yang Berkualitas. Publikasi ilmiah melalui artikel jurnal Sinta yang dilakukan oleh guru merupakan implementasi dari profesionalisme guru. Dalam UU No 14 Tahun 2005 mengenai Guru dan Dosen Pasal 20 dan Pasal 6 Peraturan Menteri PAN & RB No 16 tahun 2009 mengenai Jabatan Fungsional Guru disampaikan bahwa dalam melaksanakan tugas keprofesionalan, guru berkewajiban meningkatkan dan mengembangkan kualifikasi akademik dan kompetensi secara berkelanjutan sejalan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Oleh karenanya, dapat disimpulkan bahwa selain melaksanakan rutinitas pembelajaran dalam keseharian, seorang guru profesional diharuskan mengembangkan kompetensi diri secara berkesinambungan dalam berbagai aspek yang mendukung profesinya sebagai guru.

Kegiatan yang wajib dilakukan oleh guru dalam pengembangan kompetensinya sebagai guru, salah satunya adalah dengan melakukan publikasi ilmiah sebagaimana tercantum dalam Pasal 11 Peraturan Menteri PAN & RB No 16 tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru. Pentingnya guru melakukan publikasi ilmiah dalam mendukung aktivitasnya adalah karena; 1) dengan publikasi ilmiah guru diharusnya mempunyai kemampuan untuk melakukan penelitian dan menyusun laporan ilmiah berdasarkan kaidah ilmiah; 2) dengan publikasi ilmiah guru diharapkan dapat berbagi pemikiran, hasil penelitian dan berbagai kegiatan pengembangan terkait dengan best practice dalam melaksanakan profesinya; 3) dengan publikasi ilmiah guru diharapkan memiliki kreatifitas dan inovasi dalam mengembangkan pendekatan, strategi, model, metode dan media pembelajaran serta 4) dengan publikasi ilmiah diharapkan guru dapat meningkatkan keilmuannya sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga pembelajaran yang dilakukan berbasis digital yang up to date.

Sumber: Tim Pengabdi

Sumber: Tim Pengabdi

Sumber: Tim Pengabdi

Sumber: Tim Pengabdi

Respon positif disampaikan oleh Kepala SMP N 1 Malang, Ibu Risna Widyawati, S.Pd yang mendukung kegiatan dan membersamai para guru selama kegiatan berlangsung. Antusiasisme guru tampak pada saat sesi tanya jawab, dibuktikan dengan kualitas  berbagai pertanyaan yang disampaikan oleh guru dan aktivitas guru saat praktek langsung dengan dampingan tim pengabdi. Salah satu guru SMP N1 Malang, Bapak Setiawan, S.Pd menyampaikan, “InSyaAllah melalui kegiatan ini guru menjadi bergairah untuk meneliti, menulis dan mempublikasikannya”.

Penulis: Dr. Oktaviani Adhi Suciptaningsih, M.Pd




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline