Lihat ke Halaman Asli

Jofan Making

Mahasiswa

Potensi Bahasa Indonesia di Dunia

Diperbarui: 14 Maret 2023   15:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Bahasa merupakan sumber komunikasi bagi kehidupan bermasyarakat. Dengan bahasa juga kita dapat mampu memahami orang lain dan membuat orang lain memahami kita melalui percakapan maupun tulisan. Bahasa yang baik sendiri ialah bahasa yang digunakan sesuai dengan norma kemasyarakatan yang berlaku dan kaidah tata bahasa yang berlaku. Pada umumnya, orang Indonesia dapat berbahasa Indonesia untuk keperluan sehari-hari, dengan menggunakan bahasa Indonesia sebagai penghubung. 

Penggunaan berbahasa Indonesia semakin lama pun semakin berkembang. Bahkan bahasa Indonesia digunakan dalam berbagai macam pemakaian ragam lisan seperti diskusi, percakapan di pertunjukan atau di pasar serta lagu dengan menggunakan bahasa Indonesia. Selain itu juga digunakan dalam pemakaian ragam tulis seperti surat, catatan pribadi, dan tulisan-tulisan resmi.

Seiring perkembangan zaman bahasa Indonesia pun semakin dikenal di dunia. Tidak hanya warga negara Indonesia saja yang menggunakan bahasa Indonesia tetapi juga negara asing belajar dan menggunakan bahasa Indonesia, sebagai contoh para turis mancanegara yang datang mengunjungi Indonesia. Bagi mereka warga negara asing belajar bahasa Indonesia sendiri tidak perlu susah-susah untuk datang ke Indonesia untuk belajar Bahasa Indonesia tetapi bisa belajar melalui internet maupun kursus bahasa Indonesia di negara mereka. Bahkan ada beberapa sekolah di luar negeri yang bahkan menambahkan bahasa Indonesia sebagai mata pelajaran. 

Tentunya sebagai warga negara Indonesia kita patuh bangga dengan perkembangan bahasa Indonesia. Dengan ini kita dapat mengetahui bahwa bahasa Indonesia dapat berpotensi menjadi bahas internasional. Selain itu banyak juga Ahli yang mempelajari bahasa Indonesia. Penulisan ejaan bahasa Indonesia pun tidak sulit juga bagi warga asing, dikarenakan penulisannya menggunakan alphabet oleh karena itu dengan ini mereka warga negara asing menjadi tidak kesulitan.

Oleh karena itu sebaiknya kita naikkan tingkat mempelajari bahasa Indonesia yang baik dan benar agar lebih menjadi baik, lebih digemari oleh warga negara asing. Selain memperkenalkan bahasa Indonesia di kancah Internasional, kita juga dapat memperkenalkan negara dan budaya kita akan semakin dikenal di berbagai mancanegara dan berpotensi menjadi bahasa Internasional.

Dengan perkembangannya zaman diharapkan pada generasi berikutnya untuk dapat menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar serta menjadi contoh warga negara baik yang menjunjung bahasa persatuan. Diharapkan bagi kita generasi yang sekarang terus membuat bahasa Indonesia semakin berkembang tiap harinya. Tidak sampai di Indonesia saja tetapi bahkan seluruh negara yang ada di dunia untuk mempelajari dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik, sopan, dan sesuai dengan EYD.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline