Indikator Guru dalam Melaksanakan Belajar Tuntas
Pembelajaran tuntas dilakukan dengan pendekatan diagnostik/prespektif dengan strategi pembelajaran tuntas menganut pendekatan individual, pembelajaran dengan teman atau sejawat (peer instruction) dan bekeja dalam kelompok kecil. Pembelajaran tuntas juga mengandalkan pada pendekatan tutorial dengan session kelompok kecil, tutorial orang perorang, pembelajaran terprogram, buku kerja, permainan dan pembelajaran berbasis komputer dengan langkah-langkahnya adalah:
*Mengidentifikasi prasyarat (prerequisit)
*Membuat tes untuk mengukur perkembangan dan pencapaian kompetensi
*Mengukur pencapaian kompetensi siswa
a.Peran Guru
*Menjabarkan / memecahkan KD (Kompetensi Dasar) ke dalam satuan yang lebih kecil dengan memperhatikan pengetahuan prasyaratnya
*Menata indikator berdasarkan cakupan serta urutan unit
*Menyajikan materi dalam bentuk yang bervariasi
*Memonitor seluruh pekerjaan siswa
*Menilai perkembangan sisa dalam pencapaian kompetensi(kognitif,psikomotor dan efektif)