Lihat ke Halaman Asli

KKN UM 2021: Pengembangan E-Marketing, Upaya Peningkatan Produksi UMKM Warga Desa Jambangan

Diperbarui: 19 Juli 2021   22:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

tangkapan layar

Salah satu program kerja Mahasiswa KKN dari Universitas Negeri Malang di Desa jambangan, Kecamatan Dampit yakni membantu masyarakat dalam pengembangan E-marketing UMKM (Usaha Mikro,Kecil,Menengah) yang berada di desa Jambangan. Hal ini menjadi bentuk tindak lanjut dari program kerja sebelumnya yakni penyuluhan pengembangan E-Marketing untuk UMKM di Desa Jambangan Kecamatan dampit.

Masyarakat di Desa Jambangan Kecamatan Dampit memiliki berbagai macam profesi salah satunya UMKM. Ternyata masyarakat di desa Jambangan memiliki UMKM yang menurut kami sudah cukup baik dan menarik tetapi belum terekspos. Melihat potensi masyarakat Desa Jambangan yang sudah maju tetapi belum terekspos kami sebagai mahasiswa KKN UM tergerak dalam memberikan bantuan dalam pengembangan UMKM yang ada di Desa Jambangan Kecamatan Dampit.

Salah satu UMKM yang menarik yakni opak gambir dimana UMKM tersebut selalu berinovasi dengan memberikan varian rasa-rasa pada opak gambir seperti wijen, coklat, pisang, serta mengubah bentuk-bentuk opak gambir agar berbeda dari produk-produk yang sejenisnya seperti dollar, stik, dan masih banyak lagi. Pengusaha opak gambir ini juga sudah memiliki kurang lebih 30 karyawan dari warga setempat dalam proses produksi. Pesanan opak gambir ini akan naik apabila menjelang musim hajatan/nikah dimana masyarakat memiliki tradisi dengan memberikan souvenir atau buah tangan opak gambir pada tamu undangan di daerah setempat. Hal ini menjadi ladang usaha bagi pengusaha opak gambir. Selain itu opak gambir ini juga di ambil agen dengan di jual kiloan dan akan dipack lagi di pasaran. Selain opak gambir di Desa Jambangan ada juga UMKM keripik tempe dimana produk yang dikeluarkan dan penjulan masih tidak jauh beda dengan opak gambir. Oleh karena itu, kami mahasiswa KKN UM membantu dalam proses penjualan UMKM masyarakat Desa Jambangan melalui e commerce yang memudahkan dalam proses penjualan dan branding di zaman yang modern ini.

Kami bekerja sama dengan karang taruna Desa Jambangan dalam pengembangan E-marketing UMKM  dengan memberikan penyuluhan kepada para UMKM yang ada di Desa Jambangan dalam proses penjualan melalui e-marketing. Hal ini juga memberikan pengetahuan kepada karang taruna Desa Jambangan sebagai generasi milenial yang akan membantu dalam kemajuan desa setempat. Selain itu mahasiswa KKN UM membuatkan akun shopee dan menunjukkan fitur-fitur yang ada di shopee, kemudian membuatkan template di shopee, serta membuatkan deskripsi produk. Di proker lain kami juga memberikan desain logo UMKM, memberbarui packaging dari beberapa UMKM. Memang proker yang kami munculkan dalam KKN UM di desa Jambangan masih memiliki keterkaiatan. Hal ini merupakan salah satu tujuan mahasiswa KKN UM dalam membantu sektor perekonomian warga Desa Jambangan.

Penulis : Zamirah Mabarroh El Haque

Editor : Rani Kurnia

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline