Lihat ke Halaman Asli

KKN UM melakukanPembuatan Desain Logo untuk Memberikan Identitas UMKM

Diperbarui: 19 Juli 2021   22:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau yang paling sering dikenal dengan sebutan UMKM mempunyai peran penting dalam menyumbang pertumbuhan ekonomi berbagai tempat. UMKM tidak bisa dipandang sebelah mata, walaupun dikategorikan sebagai usaha kecil, namun UMKM ada dimana-mana. Hampir disetiap pelosok daerah dan kota, dari mall hingga gang sempit terdapat UMKM. Tanpa kita sadari, bahwa kebutuhan sehari-hari kita secraa langsung dipenuhi dan didapat dari UMKM yang berada di sekeliling kita. Misalnya para pedagang yang menjual sarapan di pagi hari, warung kebutuhan sembako, pasar yang menyediakan daging, ikan, sayur, dan buah-buahan. Selain itu, UMKM memiliki arti sendiri yaitu dengan modal yangkeci, resiko yang sedikit tetapi peminatnya juga tinggi, dan membawa kewirausahaan bagi pemiliknya (Wahyuningsih, 2009). Tujuan pembuatan logo ini untuk membantu meningkatkan omset Opak Gambir dan Keripik Tempe di desa Jambangan.

113-60f5953015251078187461e2.png

Pandemi Covid 19 yang terjadi secara global tentu saja berdampak terhadap berbagai sektor terutama di sektor ekonomi. Dampak perekonomian ini tidak hanya di rasakan secara domestik, namun juga terjadi secara global. International Monetary Fund (IMF) yang memproyeksikan ekonomi global akan tumbuh minus di angka 3%. Di Indonesia,  hal  ini tentunya   juga   memiliki   dampak   yang   cukup  signifikan terhadap pariwisata,  sektor perdagangan,  industri  termasuk Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).  Secara langsung maupun tidak langsung, mereka terdampak adanya pandemic covid 19 ini. karena itu perlu strategi pemasaran yang dapat dilakukan pada masa pandemi Covid- 19 dan faktor pendukung dalam berwirausaha di sektor ekonomi kreatif pada masa pandemi Covid-19. Menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan library research. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penyusunan strategi pemasaran dalam berwirausaha pada sektor ekonomi kreatif dapat direncanakan melalui STP (Segmenting, Targetting dan Positioning) untuk menarik konsumen. Sedangkan faktor pendukung dalam  berwirausaha di sektor ekonomi kreatif pada masa pandemi Covid-19 agar berjalan secara efektif dan efisien diantaranya adalah konsep promotion, service excellet customers rewards, afiliasi atau kemitraan dan modal sosial.

Penulis : Anandari Dwi Yuniar Fajarsari

Editor   : Agam Prihazstya




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline