Lihat ke Halaman Asli

Centered Learning sebagai Pengetahuan Baru Tentang Nusantara dan Antariksa

Diperbarui: 11 Juli 2021   23:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Saat liburan sekolah berlangsung banyak siswa yang menghabiskan waktu liburannya dengan bermain bersama teman-temannya. "Selain itu, banyak juga siswa yang menghabiskan waktu liburan sekolah dengan bermain di rumah seperti dengan bermain game online, bermain sosial media atau menonton televisi dengan keluarga, sehingga hanya sedikit waktu yang mereka gunakan untuk belajar atau bahkan beberapa siswa tidak belajar sedikitpun selama liburan" tutur Rohatin mahasiswa KKN UM. Oleh karena itu, dengan adanya kegiatan center learning yang bertema ayo belajar lebih banyak dan brekreasi dapat menambah wawasan dan pengetahuan siswa, serta memotivasi siswa agar tetap semangat dalam belajar dimasa pandemi ini, kegiatan center learning ini dilaksanakan secara offline di posko KKN UM Desa Jambangan yakni rumah salah satu warga desa dan tentu tidak lupa dengan menerapkan protokol kesehatan.

Kegiatan center learning dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 3 Juli 2021, sasaran kegiatan ini adalah siswa Sekolah Dasar dan siswa Sekolah Menengah Pertama di desa Jambangan, siswa berkumpul di posko KKN UM Desa Jambangan (rumah salah satu warga desa).

whatsapp-image-2021-07-11-at-21-52-25-60eb1e7106310e4b974ddc52.jpeg

Kegiatan center learning ini dipandu oleh kak Naura dan untuk mengawali kegiatan kami mengelar do'a bersama kemudian dilanjutkan dengan senam bersama yang dipimpin oleh kak Anandari, setelah senam bersama, siswa diberikan materi oleh kak Rani mengenai pengetahuan dan wawasan nusantara yakni tentang kepulauan indonesia, selanjutnya pada proses diskusi juga diselingi dengan tanya jawab yang tentunya juga tak luput dengan pemberian aspresiasi hadiah bagi siswa yang aktif dalam bertanya maupun menjawab, Untuk materi yang kedua yakni motivasi yang disampaikan oleh kak Ilyas selaku perwakilan dari Putera Pendidikan Jawa Timur.

Kegiatan berikutnya yakni ice breaking dan game sebagai hiburang dan penghilang penat setelah penyampaian materi. kegiatan center learning diakhiri dengan dokumentasi dan pembagian hadiah bagi siswa yang sudah berpatisipasi dan berantusias dalam mengikuti kegiatan center learning.

Penulis : Rohatin

Editor : Dinda Naura Agustin Albasasa




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline